Pedagang Setuju Rehab Ex Pertokoan Matahari Store

Nn, Padang -- Secara prinsip para pedagang Pase VII Pasar Raya Padang setuju rehabilitasi pembangunan Ex. Pertokoan Matahari Departemen Store oleh PT . Pati Brata. Kesepakatan itu setelah dilakukan musyawarah dengan para tokoh- tokoh pedagang, PBHI, Walikota Padang H. Fauzi Bahar, Anggota DPRD Kota Padang  Januardi Syumka (Demokrat), Afrizal (Golkar), Syawir Thaher , Kepala Dinas Pasar Tasril Tasar,  Ketua Golkar Kota Padang Wahyu Irama Putra, di ruang kerja walikota, Minggu sore (22/4).

Setelah ada kata sepakat, Walikota bersama peserta rapat langsung meninjau kawasan Pasar Raya Pase VII dan berdialog dengan para pedagang, di kawasan tersebut. Walikota terlihat sangat akrab berdiolog sambil berdiskusi dengan pedagang, seperti yang disampaikan Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos, kemarin sore, kepada pers. 

Bahkan para pedagang secara langsung juga menyampaikan aspirasi kepada wakil rakyat, seperti Afrizal, Januardi Syumka dan rombongan lainnya.

Kata Afrizal dan Januardi Syumka ‘cabiak cabiak bulu ayam’ menjelang dimulainya rehabilitasi tersebut wajar- wajar saja. Yang penting Pemko Padang dan anggota legislative dan pedagang sudah sama sama memahami, apa tujuan pembenahan pertokoan eks. Matahari Departmen Store yang runtuh akibat gempa besar 30 September 2009 lalu.

Walikota Fauzi Bahar menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pedagang yang telah memberikan dukungan sepenuhnya terhadap rehab bangunan tersebut. Mudah- mudahan upaya pemulihan perekonomian masyarakat semakin cepat. Tentu para pedagang akan semakin mendapatkan penghasilan yang baik.

‘’Lebih cepat dilaksanakan rehabilitasi eks. Matahari Dept. Store tentu akan semakin cepat pula pembenahan pasar secara menyeluruh’’. Dengan demikian kenyamanan pedagang dan pembeli semakin terjamin. Apalagi ancaman gempa di daerah ini begitu besar, ujar Fauzi Bahar.

Bangunan tiga lantai tersebut  akan dilakukan Rehab selama 90 hari kalender kerja oleh PT. Pati Brata. Sedangkan pemindahan pedagang dilakukan secara blok. Maksudnya dimana saat itu akan dilakukan perbaikan, maka pedagang yang terkena dampaknya dipindahkan. Kios- kios penampungan di depan Matahari Dept. Store yang saat ini masih kosong akan segera diisi oleh para pedagang. Intinya pedagang mendukung dan memahami hal tersebut.

Mulai Minggu malam  (22/4) dan Senin (23/4) akan dimulai pendataan pedagang yang dipindahkan secara bertahap ke lokasi yang sudah disepakati oleh Pemko dan anggota legislatif yang saat itu melakukan musyawarah dengan pedagang. Pokoknya kegiatan perdagangan tidak terganggu dan tetap memperhatikan kebutuhan pedagang, jelas Fauzi Bahar. Hms
Previous Post Next Post