Mempersiapkan Keluarga Sejak Bayi.

Nn, Padang -- Mempersiapkan keluarga harus dimulai sejak bayi dalam kandungan oleh karena itu Program Bina Keluarga Balita merupakan salah satu bagian dari Program KB yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota keluarga dalam membina tumbuhnya balita secara optimal, melalui rangsangan pisik, motorik, kecerdasan, emosional dan sosial dengan sebaik-baiknya.

Ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kabid  KB , Drs. Hafizurrahman pada acara Peltihan Bina Keluarga Balita Bagi Penyuluh KB di Padang.  Hadir dalam kesempatan tersebut Ka Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB serta utusan dinas terkait lainnya.

Lebih jauh Irwan Prayitno menyampaikan, saat ini jumlah Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) telah terintergrasi dengan Posyandu dan PAUD. Keluraga Bina keluarga Balita sampai bulan September 2011 sebanyak 70.137 kelompok.  Sementara jumlah Posyandu hingga bulan desember 2011 sebanyak 980 posyandu dan PAUD berjumlah 900 yang tersebar di 19 kabupaten/kota  se Sumatera Barat.

Tujuan dari program ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran orang tua serta keluarga untuk mempersiapkan pendidikan anak dari usia nol sampai lima tahun.  Hal ini sejalan dengan upaya percepatan proses pencapaian Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera yang dilandasi pancasila, ujarnya

Irwan juga menambahkan pelatihan ini dimaksudkan bagaimana para penyuluh KB mampu meningkatkan peran orang tua dan keluarga membina anak balitanya sehingga  berkembang secara optimal melalui interaksi yang baik.  Selain itu juga bagaimana kita mewujudkan target peserta aktif mengembangakan Kelompok Bina Keluarga Balita ditengah-tengah masyarakat Sumatera Barat.

Mudah-mudahan dengan pelatihan ini, kita akan mampu mengembangkan masyarakat dan keluarga nantinya yang memahami cara dan metode yang efektif dalam mengurus dan merawat anak, sehingga tercipta ikatan batin yang kuat antara anak dan orang tua serta menjadikan keluarga yang berkualitas, harapnya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post