Wawako Buka MTQ Kec. Koto Tangah

Nn, Padang -- Wakil Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP membuka secara resmi MTQ ke 35 Kec. Koto Tangah di Pondok Pesantren Darul Ulum Kel. Aie Pacah. Pembukaan MTQ yang diselenggarakan dari tanggal 24-26 Februari ini turut dihadiri Kepala Kementrian Agama Sumbar,  Kepala Kementrian Agama Kota Padang, MUI Kota Padang, Bazda Kota Padang, SKPD Kota Padang, Camat Koto Tangah, Lurah dan LPM se-Kec. Koto Tangah, Muspika Kec. Koto Tangah, Ninik Mamak, Bundo Kanduang serta tokoh masyarakat Kec. Koto Tangah.

Pembukaan MTQ ke 35 ini diawali dengan pawai bersama seluruh peserta MTQ dari 13 kelurahan, dimeriahkan dengan penampilan kesenian randai, pencak silat, rabana dan pembacaan asmaul husna oleh ibu-ibu dari majelis taklim.

Pada kesempatan itu Mahyeldi menyampaikan bahwa pagelaran MTQ ke 35 ini untuk mendekatkan masyarakat dengan Al-Quran, serta menjadikan Al-Quran hal yang hidup ditengah-tengah masyarakat. Dengan MTQ akan meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta operasionalisasi Al-Quran.

“MTQ merupakan salah satu upaya untuk menjadikan Padang sebagai Kota Religi. Dengan pemahaman pada Al-Quran diharapkan karakter generasi muda benar-benar terbentuk”, ujar Mahyeldi.

Ditambahkan, pelaksanaan MTQ juga bertujuan untuk mensyiarkan Agama Islam dan memasyarakatkan baca tulis Al-Quran pada generasi muda.

Disamping itu, Camat Koto Tangah Amasrul, SH menjelaskan, cabang-cabang yang dilombakan pada MTQ ke 35 Kec. Koto Tangah adalah cabang tilawah (tilawah anak-anak, remaja, dewasa), cabang tartil (tartil dasar, menengah, umum), cabang MHQ (1 juz tilawah dan non tilawah, 5 juz tilawah dan non tilawah), cabang MFQ, cabang MSQ, cabang khutbah jumat, dan cabang qasidah rebana.

“MTQ ke 35 ini diikuti oleh 559 kafilah untuk semua cabang, dari 13 Kelurahan di Kec. Koto Tangah”, ujar Amasrul.

Lebih lanjut dijelaskan, masing-masing cabang perlombaan dilaksanakan pada tujuh lokasi, diantaranya; Ponpes Darul Ulum (lomba tilawah dewasa, fahmil Quran, Qasidah rebana), Masjid Nurul Ikhlas (tilawah anak-anak dan remaja), Jamiatul Husta (Tartil Dasar, Menengah), Mushalla Salwa (Khutbah Jumat), Mushalla Muchlisin (Tahfiz 1 Juz dan 5 Juz Non Tilawah), Masjid Nurul Falah (Tahfiz 1 Juz dan 5 Juz Tilawah), Masjid Nurul Haq (MSQ).

 “Kec. Koto Tangah telah tiga kali berturut-turut menjuarai MTQ Tingkat Kota Padang, dan Insyaallah tahun ini Kec. Koto Tangah akan kembali meraih penghargaan tertinggi itu”, terang Amasrul dengan nada optimis. Hms

Post a Comment

Previous Post Next Post