Pasar Malam, Geliat Pertumbuhan Ekonomi

Nn, Padang -- Untuk menggeliatkan pertumbuhan perekonomian di Kota Padang, setelah pasca gempa September 2009 lalu, Dinas Pasar akan mengadakan, salah satu kegiatan yaitu mengadakan kegiatan pasar malam yang terus berlanjut, rencananya diresmikan Walikota Padang, DR. H. Fauzi Bahar, M.Si, 25 Februari 2012.

Rencana mengadakan pasar malam telah kami sosialisasikan kepada para pedagang. Hasilnya, Para pedagang memberikan masukan-masukan dan mendukung sekali kegiatan pasar malam, segera diadakan, mengingat Kota Padang adalah Pusat pemeritahan Propinsi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pasar  Ir. Asnel bersama Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos, pada acara pertemuan dengan para wakil pedagang,  diruangan rapat Wakil Walikota Padang.

Pasar malam, lokasi yang telah ditetapkan, dari jalan bundaran air manjur sampai di depan Bioskop Mulia. Lebih meriah acara pasar malam tersebut, para pengunjung akan dihibur dengan berbagai kesenian tradisional sehingga para pengunjung yang datang tidak jenuh, sambil belanja dapat hiburan nantinya, ujar Asnel.

Asnel mengatakan mumpung masih ada waktu sampai 25 Februari 2012, tentu lokasi kegiatan pasar malam perlu diadakan pendataan yang jelas, sehingga tempat pedagang yang berjualan indah di pandang karena di tata dengan rapid dan teratur, sehingga pengunjung yang akan belanja menjadi merasa enak dan betah berada di pasar malam.

Maka dari itu, Pemko Padang sebagai ujung tombak Dinas Pasar, harus dapat melakukan kerja sama yang ulet dengan para pedagang, sehingga pasar malam kondisinya nanti kelihatan tidak semberaut.

Besar harapan saya (Asnel) sesuai dengan rencana pasar malam, diresmikan langsung Walikota Padang, agar roda perekonomian tumbuh yang mana selama ini, boleh di katakan jalan ditempat, dengan adanya pasar malam, kegiatan ekonomi masyarakat akan lebih meningkat.

Semuanya itu, tentu tak terlepas dari dorongan dan dukungan para pedagang serta warga Kota Padang nantinya.

Selanjut Asman Tanjung dari Pedagang Kaki Lima (PKL) memberikan masukan dan saran dan mengatakan dia sangat mendukung diadakan kegiatan pasar malam yang lokasinya dari bundaran air manjur sampai bioskop Mulia.

Tentu semuanya perlu ada kajian yang lebih mendalam karena lokasi ini atau badan jalan telah di pakai PKL untuk berdagang dari pagi hari sampai sore, serta tempat parkir kendaraan.
Apabila pasar malam memang jadi kenyataan nantinya, tentu kita juga harus memikirkan keselamatan para pengunjung pasar malam, seperti pengadaan alat transportasi, tenaga pengamanan, pengaturan lalu lintas dan sarana lainnya. Ujar Asman. Rcd

Post a Comment

Previous Post Next Post