Pacu Jawi Kebudayaan Tak Pernah Mati

 Ditulis Oleh 
 ** Andri Mardiansyah **


PACU Jawi atau dalam bahasa indonesianya garapan sapi, merupakan satu dari sekian banyak kebudayaan alek nagari serta peninggalan leluhur yang ada di Indonesia,.

Pacu jawi berasal dari Sumatera Barat khususnya Kabupaten tanah datar. Pacu jawi sendiri saat sekarang tidak hanya menjadi sebuah tradisi peninggalan nenek moyang, jauh dari itu pacu jawi sudah
menjadi ikon pariwisata andalan Sumatera Barat, pacu jawi sendiri sudah menjadi agenda tahunan pemerintah daerah kabupaten tanah datar dan sudah di bawah naungan Persatuan Olahraga Pacu Jawi (Porwi) Khairul Fahmi. 

Untuk event pacu jawi sendiri, biasanya diadakan di empat kecamatan yang ada di kabupaten tanah datar.Mulai dari kecamatan Pariangan, kecamatan Rambatan, kecamatan Lima Kaum, dan kecamatan Sungai Tarab. Setiap kecamatan diadakan sebanyak empat putaran dengan jadwal pada hari Sabtu,.Setelah itu baru dipindahkan ke kecamatan berikutnya dengan rotasi kegiatan yang sama.

Event pacu jawi sangat di minati oleh para fotografer seperti yang terjadi pada penutupan pacu jawi di kawasan Sawah Tembok Nagari Pariangan pada tanggal 12 februari 2012 yang lalu kurang lebih sekitar tiga ratusan fotografer yang turut serta membidik moment ini. Tak hanya para fotografer lokal saja, tetapi dari dari Malaysia, Singapura, Taiwan dan India juga turut ambil bagian.

Nah melihat dari banyaknya antusias fotografer serta wisatawan, sudah seharusnya event ini menjadi perhatian penting pemerintah daerah agar apa yang sudah menjadi ikon ini dapat terus terjaga serta memberikan kontribusi nyata untuk pariwisata khususnya Kabupaten Tanah Datar dan Sumatera Barat pada umumnya. Pemerintah juga harus lebih memperhatikan lagi kelayakan lokasi pacu jawi, seperti disediakannya toilet umum serta fasilitas penunjang lainnya agar peminat wisatawan akan terus bertambah dan tak pernah merasakan bosan. 

Oleh karenaya diharapkan kepada semua kalangan mulai dari tataran masyarakat sampai pemerintah agar dapat bekerja sama untuk mewujudkan itu semua, ini adalah nilai budaya yang sudah sepantas nya dijaga dan dilestarikan, kita harus bangga karena budaya yang beragam.

Disamping itu ada beberapa manfaat lain dari budaya pacu jawi ini seperti :

1.  Merupakan ajang hiburan bagi masyarakat setempat dan wisatawan baik lokal maupun asing
2.  sebagai media mempererat silahturrahmi masyarakat daerah
3.  Pelestarian Nilai-nilai budaya
4.  Ikon Pariwisata sumatera barat dan indonesia
5.  Menaikan harga nilai jual sapi.

Semoga kebudayaan pacu jawi tak kan pernah mati seiring perkembangan zaman yang terus modern, lestarikan dan jadikan pacu jawi sebuah kebanggaan anak negeri.

Post a Comment

Previous Post Next Post