Kebakaran Koppas Plaza Dalam Penyelidikan

Nn, Padang -- Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Syamsul Maarif saat mengunjungi lokasi kebakaran Koppas Plaza di kawasan Pasar Raya Padang menjelaskan bahwa peristiwa kebakaran Koppas Plaza bukan termasuk bencana.

“Sejauh ini peristiwa kebakaran berada di bawah tanggung jawab Mendagri dan pemerintah daerah setempat dan bukan wewenang BNPB, akan tetapi BNPB akan melakukan kajian lebih lanjut tentang peristiwa ini”, tegas Syamsul.

Lebih lanjut dijelaskan, lingkungan pasar harus menjadi tempat siaga bencana dan diperlukannya simulasi tanggap bencana di lingkungan pasar agar resiko yang diakibatkan bencana bisa diperkecil.

“Saat ini BPNB ikut membantu pembangunan Pasar Raya yang rusak berat karena bencana gempa. Diharapkan warga pasar harus berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan akan bencana”, tambah Syamsul.

Peninjauan Kepala BNPB tersebut didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Muslim Kasim, Walikota Padang Fauzi Bahar, Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, dan Kapolresta Padang.

Pada kesempatan itu Walikota Padang Fauzi Bahar menjelaskan bahwa penyebab kebakaran Koppas Plaza masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, diharapkan dalam waktu dekat ini hasilnya bisa diketahui.

“Saya harap masyarakat jangan mudah tersulut isu penyebab kebakaran ini, kita harus terus tingkat kewaspadaan dan kehati-hatian pada lingkungan kita sendiri”, ujar Fauzi.

Ditambahkan Fauzi, Pemko Padang sedang mempersiapkan relokasi bagi pedagang yang mengalami kebakaran, agar dalam waktu dekat ini para pedagang bisa kembali berdagang.

Dikesempatan yang sama, Kapolresta Padang juga menjelaskan, bahwa sore ini, Tim Puslabfor akan menyelidiki penyebab kebakaran Koppas Plaza, dan kalau tidak ada kendala dalam kurun waktu dua hari hasilnya sudah bisa diketahui. Hms

Post a Comment

Previous Post Next Post