Detik Pergantian Tahun, Puncak Bogor Macet

Nn, Bogor -- Detik-detik jelang pergantian tahun 2011 ke 2012, arus lalulintas di kawasan wisata Puncak, KecamatanCiawi, Cisarua dan Megamendung lumpuh total. Kemacetan parah terjadi di Jalan Raya Puncak, karena volume kendaraan meningkat hingga 30 ribu unit.

Mayoritas pengguna jalan dan wisata wanasal Jabodetabek sengaja memasuki kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, dan Cipanas, Kabupaten Cianjur pada Jumat (30/12), karena sebelumnya diinformasikan bahwa jalur Puncak akan ditutup total pada hari ini. Sehingga kemacetan parah akan terjadi hingga esok hari.

Daripantauan dilapangan antrean kendaraan mulai terjadi di pintu Tol Jagorawi, Gadog, dan mengular sampai Cisarua. Mayoritas pengguna jalan akan merayakan malam pergantian tahun di vila, bungalow, hotel, resort yang telah mereka pesan sejak satu bulan sebelumnya.

Sedikitnya, terdapat 14 titikkemacetan parah di Jalan Raya Puncak, yaitu Perempatan Ciawi, Seuseupan Ciawi, pintu tol Gadog, Tanjakan Selarong, Cipayung, Megamendung, Taman Wisata Matahari (TWM), Pasar Cisarua, dan Persimpangan TSI.

Untuk mengantisipasi kemacetan itu diterjunkan 1.000 personel yang disebar pada 70 pos gatur serta di titik-titik rawan macet dan kecelakaan. Mereka terdiri dari anggota Satlantas, Brimob, TNI, Satpol PP, Tagana, Pramuka, DLLAJ, dan RAPI yang terjun memberikan bantuan komunikasi (Bankom).

Bupati Bogor, Rachmat Yasin (RY) yang memantau situasi di Jalan Raya Puncak melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pospol Lalulintas Gadog. Rombongan Bupati diterima oleh Kasatlantas Kabupaten Bogor, AKP ZenalAbidin.

Secarasimbolis, RY memberikan bantuan operasional sebesarRp 20 juta.
“‘Kami berharap, petugas yang berjaga di sepanjang jalur Pucak dan sekitarnya mampu mengendalikan dan mengamankan masyarakat yang hendak melakukan acara tahun baru,” harap RY.

Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Satlantas  Polres Bogor Kabupaten menutup jalur menuju Puncak hari ini mulai pukul 19.00 Wib sampai Minggu (1/1/2012) pukul 6.00 WIB.

Sementara itu, kepadatan volume kendaraan juga terjadi di Jalan Raya Tajur, Kota Bogor. Jenis kendaraan sepeda motor yang kebanyakan dari Jabodetabek mendominasi jalur tersebut.
Sedangkan di jalur Jalan Raya H Edi Sukma (ruas Bocimi) nampak lebih lengang.

Kemacetan parah hanya terjadi dari Pasar Cikereteg menuju Ciawi.“Saya sampai tiga jam dari pintu tol Gadog ke Cikereteg, pasti macetnya lebihparah,” tutur Murtejo, salah seorang pengemudi mobil asal Tangerang dengan kesal mengakhiri.fajri

Post a Comment

Previous Post Next Post