Walikota Padang Memberikan Sambutan Pada Acara Lomba Gerakkan PKK

Nn, Padang  -- Keponakan baraja ka mamak, mamak baraja kapanghulu, panghulu baraja kamufakat, mufakat baraja kanan bana, bana badiri sandirinyo. Ini yang mesti kita tanamkan dalam kehidupan dan  pada setiap kelurahan di Kota Padang ini, apabila ingin membuat suatu program yang bertujuan untuk membangun sebuah kemajuan kedepannya. Agar program PKK dapat berjalan dengan baik sesuai yang kita harapkan.

Tegas disampaikan Wali Kota Padang Dr. H. Fauzi Bahar. M.SI selaku ketua dewan penyantun Tp-PKK Kota Padang saat memberikan sambutan pada acara Lomba Gerakkan PKK, Tingkat Prov. Sumbar, di Kel, Batu Gadang, Kec, Lubuk Kilangan, Padang.

Hadir saat itu Drs. H, Muhammad Nasir, tim penilai dari Sumatra Barat, Mutiawati Fauzi Bahar, Ketua PKK Kota Padang, HJ. Hartati Afansyah. SH, Ketua TP-PKK Kel, Batu Gadang Kec, Lubuk Kilangan. Camat Lubuk Kilangan, Andree Yulianto. SSTP. M.Si. lurah Batu Gadang Afansyah. S.Sos. Anggota gerakan PKK kelurahan Batu gadang 20 orang.

Kualitas suatu masyarakat sangat ditentukan oleh kualitas keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat, keluarga mempunyai arti yang sangat besar bagi proses pembangunan, karena kondisi keluarga dapat merupakan barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Untuk dapat membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, melalui Gerakan PKK yang mekanisme gerakannya dikelola dan dilaksanakan mulai dari keluarga, kelompok, perpuluhan atau dasa wisma, kelompok PKK RT, RW oleh suatu tim yang disebut tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (TP-PKK). 

Wako Padang Fauzi bahar mengharapkan kepada Camat, Lurah se-Kota Padang, agar menyampaikan dengan jelas serta rutin terus menerus program Pemko Padang dalam Gerakkan PKK agar masyarakat khususnya perempuan paham dan mengerti. Namun itu semua juga perlu dukungan dari masyarakat di kelurahan, karena tanpa dukungan dari masyarakat setempat tidak akan berjalan dengan baik.

Di samping itu program Pemko Padang yang sedang berjalan seperti pengumpulan beras genggam, ini juga menjadi program berkelanjutan bagi gerakkan PKK disetiap kelurahan, fungsi beras yang sudah terkumpul ini untuk membantu fakir miskin di sekitar lingkungan kita, ujar Fauzi Bahar.

Yang paling terpenting sekali bagi kita selaku masyarakat Kota Padang harus selalu mendukung program Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi kitabullah. Karena belakangan ini adat yang menjadi kebanggaan kita sudah sering terlupakan bagi kita umumnya masyarakat Sumbar, khususnya Kota Padang. Ini sudah menjadi simbolis Minangkabau yang mesti kita jaga keharuman nama baiknya, tambah Fauzi Bahar.

Acara penilaian yang dilaksanakan oleh tim penilai propinsi sangat besar sekali artinya bagi Pemko Padang, khususnya dalam pembinaan gerakan PKK, karena Kelurahan Batu Gadang adalah merupakan kelurahan terbaik hasil lomba Gerakan PKK yang dilaksanakan oleh TP-PKK Kota Padang tahun 2011, ujar Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar kepada pers. Rcd/rel

Post a Comment

Previous Post Next Post