Tim Panja DPR-RI Kunjungi Pemko Padang

Nn, Padang -- Tim Panitia Kerja Tujuan Pembangunan Millenium (MDGS) Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR-RI melakukan kunjungan ke jajaran Pemko Padang, beberapa waktu yang lalu, di Ruang Sidang Balikota Padang. Pemko Padang menyambut antusias kunjungan tersebut.

Tim itu diterima Wakil Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP, Sekda Padang Ir. H. Emzalmi, M. Si, para Pimpinan SKPD dan tokoh masyarakat Padang. Sedangkan dari Jakarta antara lain, DR. Nurhayati Ali Assegaf, M. Si, DR. Muhammad Hidayat Nur Wahid, MA, Sidarto Danusubroto, H. Andi Azhar Cakra Wijaya, SH,  Ir. H. Azam Azman Natawijaya, H. Syofwatillah Mohzoib, Meutya Havid, Evita Nursanti, H. Mustafa Assegef, M. Si, perwakilan dari Bappenas, staf khusus presiden dan dari jajaran secretariat DPR- RI.

Selain berdialog dengan kepala daerah, rombongan juga melakukan tinjau lapangan ke Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji.

Tujuan kunjungan lapangan adalah, mendapatkan informasi dan gambaran riil terkait pencapaian MDGS di daerah, memperoleh gambaran umum mengenai pelaksanaan kebijakan pembangunan daerah untuk mencapai MDGS, mengetahui gambaran kelemahan, maupun keunggulan daerah dalam upaya pembangunan untuk mencapai tujuan MDGS pada tahun 2015. Sehingga dapat merumuskan formula- formula kanjutan terkait upaya pembangunan dan pencapaian MDGS, serta mendukung suksesnya pencapaian MDGS di Indonesia 2015, ujar Nurhayati All Asegaf.

Lebih jauh dikatakannya, pada September 2000, Indonesia bersama 189 negara lain berkumpul di Markas PBB untuk menghadiri pertemuan puncak millennium di New York. Dalam pertemuan itu disepakati untuk mendeklarasikan komitmen pembangunan millennium.

Adapun poin-poin MDGS tersebut yaitu, pengentasan kemiskinan dan kelaparan ekstrim, pemerataan pendidikan dasar, persamaan gender dan pemberdayaan perempuan, mengurangi tingkat kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/ AIDS dan penyakit menular lainnya, menjamin daya dukung lingkungan dan mengembangkan kemitraan global, dan diharapkan bisa tercapai tahun 2015. Makanya anggota DPR- RI tersebut melakukan survey dan motivasi ke daerah- daerah.

Wakil Walikota Padang H. Mahyeldi mengekspose berbagai upaya yang sudah dilakukan Pemko Padang dalam mewujudkan yang menjadi keinginan pemerintah pusat itu, khususnya anggota DPR-RI tersebut , ujar Kabid Humas Pemko padang Richardi Akbar, S. Sos kepada pers. Rcd/rel

Post a Comment

Previous Post Next Post