Padang Akan Pecahkan Rekor MURI Sabtu Ini

Nn, Padang -- Dipenghujung tahun ini (31 Desember), Kota Padang menggelar festival kuliner randang Padang yang diikuti oleh 104 kelurahan se-Kota Padang , masing-masing kelurahan akan memasak 50 kg daging. Dengan demikian total daging yang akan dimasak pada Festival Randang Padang 2011 tersebut adalah 5.200 kg  (5.2 ton). Pemko Padang menyediakan hadiah satu unit mobil.

Festival Kuliner Randang Padang 2011 merupakan ajang untuk melestarikan nilai-nilai budaya tradisional Minangkabau, mempertahankan khasanah aset kuliner serta mensukseskan program cinta produk dan kuliner Indonesia.

Hal tersebut dijelaskan Walikota Padang DR. H. Fauzi Bahar, M. Si didampingi Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos, beberapa waku yang lalu.        

“Dari sekian banyak jenis masakan randang yang dimiliki Minangkabau, Randang Padang merupakan salah satu dari jenis masakan randang tersebut. Ranah Minang merupakan daerah yang kaya dengan kuliner dengan berbagai jenis masakan, cita rasa, dengan kemasan yang juga berbeda tentunya”, ujar Mahyeldi.

Pada kesempatan itu, Fauzi Bahar menghimbau kepada pihak perbankan dan BUMN lainnya, serta seluruh pengiat usaha kuliner di Kota Padang untuk ikut berpartisipasi dalam mensuksekan Festival Kuliner Randang Pandang 2011.

Festival Randang Padang 2011  diselenggarakan pada Sabtu 31 Desember 2011 di Jl Bagindo Aziz Chan dan Jl. M.Yamin, dan kawasan Lapangan Imam Bonjol Padang.  Juga  dihadiri perwakilan Negara Asean/ Asia, dan Mentri Kominfo RI Tifatul Sembiring, ujar Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos kepada pers.          

Untuk itu sudah saatnya randang Padang mendapatkan tempat yang istimewa dalam pemetaan warisan budaya bangsa. Karena sejarah, nilai-nilai filosofis dan humanis yang terkandung di dalamnya. Menjadikan randang Padang sebagai hidangan yang sarat akan nilai budaya intangible, sehingga patut dilestarikan.

Salah satu  bukti eksistensi keberadaan masakan rendang Padang yang berasal dari Sumbar adalah dengan dikategorikannya masakan tersebut sebagai satu dari 50 makanan paling enak di dunia menurut hasil survey CNN dalam program word’s delicious foods.

Sebagai masyarakat Kota Padang tentu saja hal ini menjadikan suatu kebanggaan dan perlu dilestarikan
Sementara dalam rangka menyambut tahun baru 2012, Sabtu malam (31/12) juga digelar berbagi kegiatan atraksi kesenian tradisional lintas budaya atau suku, dan pesta kembang api, serta semalam bersepeda dengan stard di Lapangan UNP Air Tawar dan finish di Lapangan Imam Bonjol Padang. Rcd/rel

Post a Comment

Previous Post Next Post