Mari Kita Sukseskan Program e-KTP Di Sumbar Hingga Tahun 2012

Nn, Padang -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, pelaksanaan rekam data e-KTP masyarakat ditargetkan minimal 90 persen sampai Maret 2012 pada 19 kabupaten dan kota di provinsi Sumbar. 

Gubernur menyampaikan hal ini seusai melaksanakan rekam data e-KTP bersama Istri Ny. Nevi Irwan di Kantor Camat Padang Timur. Ikut mendampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Surya Budhi,SH. Kabiro Pembangunan DR. Suhermanto Raza, MM, Camat Padang Timur.

Lebih jauh Irwan Prayitno menilai, pelaksanaan rekam data e-KTP selama ini berjalan lancar, pelayanan petugas cukup baik dan sangat bangga dengan antusias masyarakat yang cukup tinggi, kita lihat masyarakat dengan peran aktif hingga tengah malam. Namun untuk pencapaian menjelang Maret 2012, tentu diimbau masyarakat terus ditingkat pro aktif dan partisipasinya dalam proses rekam data e-KTP.

Program nasional mesti mendapatkan dukungan semua elemen masyarakat agar pelaksanaannya sukses. Sumbar untuk wilayah Sumatra merupakan yang terbaik satu pada tahun ini. Penilaian terbaik itu, tambahnya, jelas dikarenakan pencapaian 50 persen yang ditargetkan pada 2011 terlaksana dengan baik dan tak menemukan kendala berarti, ujarnya.

Irwan juga menyampaikan, program e-KTP yang digagasan Kemendagri ini merupakan sebuah upaya, pendataan penduduk yang amat strategis dalam kemajuan pembangunan di Indonesia. target sukses hingga tahun 2012. sebuah dedikasi yang patut kita dukung bersama, karena masih banyak negara-negara yang belum mampu melaksanakan e-KTP, mudah-mudahan ini akan menjadi motivasi yang baik dalam kesinambungan pembangunan nasional.

Oleh karena itu untuk wilayah Sumatera Barat, sudah sepantasnya kita dukung bersama-sama, mumpung juga mengurusnya gratis, toh semua ini untuk kebaikan kita bersama dalam pencapaian kesejahteraan masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan, harapnya.

Dalam kesempatan itu, Camat Padang Timur Hendra Mardhi menambahkan, pelaksanaan rekam data e-KTP di Kecamaan Padang Timur baru mencapai 58 persen dan pelaksanaan akan diperpanjang sampai 31 Maret 2012. 

Menurut dia, adanya perpanjangan waktu tersebut masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin sehingga target 60.000 orang dapat tercapai. 

Menyinggung kendala, khusus di Camat Padang Timur tak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan program rekam data e-KTP karena sudah tersedia empat unit alat perekam dioperasikan.

 Hendra membenarkan, saat awal pelaksanaan program memang sedikit terkendala akibat terbatas peralatan alat. Namun, sejak peralatan sudah lengkap pelayanan terhadap masyarakat sampai pukul 22.00 WIB.

Data dinas kependudukan dan catatan sipil Kota Padang mencatat sampai pada 18 Desember 2011 pencapaian untuk 11 kecamatan sudah 49,37 persen atau 303.744 orang dari jumlah wajib KTP di Padang sebanyak 615.299 orang. Zardi Syahrir

Post a Comment

Previous Post Next Post