APBD Miliaran Dicuci Ke Pasar Modal

Nn, Jakarta – Wakil Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Agus Santoso mengungkapkan, banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memindahkan rekening APBD ke rekening pribadi miliknya yang di investasikan ke pasar saham. 

PPATK menemukan jumlah dananya mencapai miliaran yang dicuci ke pasar modal. “Jumlahnya bervariasi, ada yang jutaan sampai dengan miliaran rupiah. Dana APBD itu, bahkan ada yang diputar dulu via pasar saham,” kata Agus, Selasa (29/11). Ia mengatakan, kebanyakan PNS di daerah membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu sebagai indentitas untuk administrasi investasi. 

Tapi, ketika terjadi transaksi miliaran  yang masuk dalam suspicious transaction atau transaksi menyurigakan, PPATK pasti melacaknya. “Mereka coba bikin KTP palsu, tapi pasti ketahuan juga”, tegas mantan Ketua Ikatan Pegawai Bank Indonesia ini.

Modus seperti ini, sambung Agus, sudah menjadi tradisi sejak lama.Tak hanya PNS di Pemda, tapi juga di tingkat Pemerintah Pusat. “Yang simpan dana APBD di rekening pribadi sudah berlangsung lama, kebanyakan Pemda, walau pusat juga ada. Coba Tanya Irjen Kemendagri, apa sudah ada action atau belum? Agus juga menambahkan, “Bagaimana pun PPATK akan menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia bersih.”

PPATK sebelumnya menemukan banyak praktik penyimpangan pengelolaan rekening pemerintah pusat oleh bendahara di tingkat pemerintah daerah. F.Nasution/JB

Post a Comment

Previous Post Next Post