Sumbar Terima Penghargaan Regional Champion

Nn, Jakarta -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menerima Penganugrahan Pengahargaan sebagai Provinsi Terbaik bidang Penanaman Modal ( Regional Champion) tahun 2011 dari Pemerintah Pusat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), sesuai dengan Keputusan kepala BKPM nomor : 60 tahun 2011, terhitung tanggal 11 Oktober 2011.  

Gubernur Irwan Prayitno menerima langsung Regional Champion yang diserahkan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa didampingi oleh Kepala BKPM Gita Sujana di Gedung Nusantara BKPM Jakarta. Pemberian Penganugrahan Penghargaan Regional Champion bidang penanaman Modal ini melalui seksi ketat dari BUMN PT. Wahana Data Utama dan konsultasi dengan lembaga kementrian terkait bidang ekonomi.

Direktur Utama PT Wahana Data Utama, Wahyudi Idris dalam kesempatan tersebut menyampaikan, materi penilaian diambil dari seleksi 26 provinsi, diluar 7 provinsi yang telah mendapatkan Regional Champion di tahun 2010 lalu. Tim memulai penilai dengan memperhatikan beberapa kreteria terhadap penyelenggaaraan pemerintahan di Provisi, terutama mengenai visi dan misi tentang pembangunan penanaman modal, komitmen Kepala Daerah untuk mendorong penanaman modal (Invesyasi daerah) serta melihat potensi SDA dan SDM yang ada di daerah tersebut. (BACA : Tiga Kabupaten)

Langkah-langkah pertama kami menyebarkan kuisener kepada 26 provinsi, kemudian dari hasil kuisener terbut kami melakukan penetapan 10 provinsi yang sesuai dengan kreteria penilaian. Langkah selanjutnya kami melakukan penilaian kelapangan untuk mencocokan data kuiserner, serta menilai program penyelenggaraan penanaman modal ( investasi daerah). Kemudian juga kami melakukan kooordinasi melakukan klarifikasi data dengan lembaga kementrian bidang ekonomi lain mencocokan hasil penilaian kami, dari penilai tersebut kami menetapkan 60 % penilaian.

Selanjutnya juga kami memberikan kepada setiap kepala daerah untuk menyampaikan presentasi dihadapan kementrian koordinasi Perekonomian Nasional dan BKPM di Jakarta. Dari hasil itu kami menetapkan 7 provinsi Regional Champion tahun 2011. Segala hasil penilaian ini selakukan secara independen, tidak ada intervensi dari siapapun, ungkapnya.  Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post