Gubernur Tinjau Kesiapan Poskotis hadapi Lebaran


Nn, Padang -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Rabu, melakukan pemantau langsung kesiapan Pos Komando Taktis ( Poskotis ) di Jembatan Layang Duku dan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padangpariaman dalam  menyambut Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriyah. Ikut dalam rombongan tersebut Kadis Perhubungan,Komunikasi dan Informatika, Akmal,SH dan Kepala Biro Humas dan Protokol Surya Budhi, SH.

Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan tersebut menyampaikan, "Tinjauan langsung ini dilakukan untuk melihat kesiapan, para aparat keamanan lalu lintas, serta pelayanan lainnya serta juga kesiapan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan maskapai penerbangan  untuk menyambut lebaran tahun ini.

Selain memantau langsung frekuensi penerbangan di ruang monitoring posko lebaran BIM, juga dilihat pos pengamanan dan kesiapan petugas. Kita melihat dan menilai kesiapan petugas Poskotis serta BIM sudah baik, untuk mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik dan penumpang yang diperkirakan pada H-3 Idul Fitri 1432 Hijriyah, ujarnya

Saat di BIM Irwan Prayitno  memantau langsung ruang monitoring BIM juga didampingi Kepala Dishub Sumatera Barat Akmal, dan General Manager (GM) PT Angkasa Pura II Cabang BIM  Agus Kemal Pramayudha.
Irwan juga mengatakan kesiapan BIM cukup baik terutama untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. di lantai tiga BIM sekarang dioperasi untuk ruang tunggu penumpang.

BIM juga sudah terlihat adanya peningkatan pelayanan penumpang, seperti posko kesehatan, fasilitas toilet, loket taksi, bus Damri serta memperketat pengaman dari pihak Polres Padangpariaman.

Sementara itu dari pantauan di pos pengamanan lebaran dekat jalur masuk antara Kota Padang dan Kabupaten Padangpariaman, sudah terlihat cukup baik,  penjagaan yang dilakukan petugas cukup ketat," kata Irawan.

Gubernur Irwan Pryitno juga berharap Idul Fitri 1432 Hijriyah bisa berjalan tertib dan aman, sehingga para pemudik dapat menikmati lebarannya berkumpul bersama keluarga.

Dan sebaiknya kita merayakan Idul Fitri tahun ini dengan sederhana, tidak berlebih-lebihan, serta menjaga keamanan dan stabilitas daerah di tempat tinggal masing-masing. Mari kita bersilaturrahmi dengan baik dan menjauhkan diri dari perbuatan yang sia-sia, mubazir dan Narkorba, harapnya

General Manager PT Angkasa Pura II Cabang BIM Agus Kemal Pramayudha dalam kesempatan tersebut menyampaikan rencana tiga penyedia jasa penerbangan itu untuk menambah jadwal penerbangan rute Jakarta-Padang ke bandara itu.

Tiga maskapai dipastikan akan menambah 30 penerbangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menjelang Idul Fitri 1432 Hijriah.Ketiga maskapai itu adalah Garuda Indonesia, Lion Air, dan Batavia Air.

Dari data yang masuk pada kita, hingga kini memang baru tiga maskapai itu yang telah menyatakan rencana mereka menambah penerbangan ke Kota Padang dari Jakarta. Ketiga maskapai tersebut masing-masing akan menyiapkan 10 penerbangan tambahan.

Penambahan penerbangan ini mulai berlaku sejak 26 Agustus 2011. Diperkirakan Sriwijaya Air yang belum meminta penambahan juga akan menambah jadwal penerbanganya ke BIM," katanya menambahkan.

Sementara itu, dimemprediksi lonjakan kedatangan penumpang di BIM baru akan terjadi pada H-3 atau H-2.Untuk kedatangan penumpang sendiri, pihak BIM menyatakan hingga kini masih normal, dimana pada H-7 Lebaran ada 25 penerbangan yang mengangkut 3.554 penumpang ke bandara itu.

Jika dibandingkan dengan Idul Fitri 1431 Hijriah tahun lalu, ada peningkatan. Pada H-7 Lebaran tahun lalu hanya ada 16 kedatangan yang membawa 2.584 penumpang," ujar Agus. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post