Para Isteri Menteri Lakukan Aksi "Mentawai Tersenyum 2011"

Nn, Padang -- Para istri Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II yang tergabung dalam Solidaritas Istri Kabinet Bersatu (SIKIB), siang tadi berencana akan berangkat dengan KM Lawit ke Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kedatangan para istri menteri tersebut dalam rangka aksi "Mentawai Tersenyum 2011"

"Ini merupakan bentuk kepedulian SIKIB dalam korban Tsunami Mentawai. Dalam Aksi ini SIKIB juga bekerjasama dengan Yayasan Pandang Ke Timur dan Nasi Putih Production. Juga didukung Kementerian Perhubungan RI," jelas Ketua pelaksana SIKIB, Silvy Agung Laksono, saat bertemu media di VIP ROOM Bandara Internasional Minangkabau, Ketaping.
 
Dikatakan Silvy, kegiatan ini akan berisi beberapa kegiatan yang berpusat di Sikakap. Selama dua hari yaitu 29-30 April 2011. 

Kegiatannya antara lain pengobatan gratis berupa pemeriksaan kesehatan gigi, umum dan kulit. Serta penyuluhan KB serta bahaya HIV/AIDS kepada para remaja di Mentawai. Juga kegiatan hiburan
Tak hanya itu, untuk membangkit semangat masyarakat juga digelar pelatihan masyarakat mandiri. Salah satunya pelatihan untuk pemanfaatan Sumber Daya Lokal berupa bahan pangan. Pangan tersebut nantinya diharapkan bisa jadi komoditi untuk membantu ekonomi di Mentawai Pasca Tsunami. 

"Kita juga membawa bantuan berupa alat masak, komputer, motor tempel, buku serta peralatan sekolah," ujarnya. Sementara, Ketua Yayasan Pandang Ke Timur, Ani Freddy Numberi dalam kesempatan itu berharap agar masyarakat Mentawai bisa bersemangat lagi. Sehingga bisa membangun kehidupan di masa rehabilitasi dan rekonstruksi nanti. 

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kunjungan ini tentu akan memberi semangat bagi masyarakat kami yang sedang tertimpa bencana di mentawai. Kita mengetahui kendala dilapangan yang membuat pembangunan Huntara sedikit tunda dari jadwal yang ditetapkan semula, akan tetapi semua akan dituntaskan sebagai mana mestinya.

Huntara adalah tempat penampungan sementara dari para pengungsi ditenda-tenda, untuk menjadi permanen kita akan lakukan pada masa rehab rekon yang pendanaanya dari pemerintah pusat dalam hal ini BNPB. Kita patut memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kedatangan SIKIB ke Mentawai. Apalagi para istri menteri tersebut harus naik kapal ke Mentawai. "Semoga selamat sampai tujuan," ucapnya. 

Dalam kegiatan itu juga turut hadir Erna Witoelar sebagai salah satu koordinator Indonesia Hijau serta Ketua Nasi Putih Production, Tino Kawilarang sebagai EO kegiatan mentawai tersenyum. dodo/zarsyah 

Post a Comment

Previous Post Next Post