Empat SD Sumbar Bakal Terima Adiwiyata 2011

Nn, Padang – Empat sekolah di Sumatera Barat bakal menerima penghargaan Adiwiyata 2011, diantara sekolah yang terpilih setelah mengikuti penilaian dari tim verifikasi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kementrian Pendidikan. Tiga sekolah tersebut berasal dari Kota Padang yaitu, SD.03 Alai, MTsN Model tahun I (calon Adiwiyata), sedangkan tahun II SD 10 Sungai Sapih dan SD 13 Batu Gadang akan menerima penghargaan Adiwiyata tahun II. Selain itu satu sekolah lagi dari Kabupaten Padangpariaman.

Penghargaan Adiwiyata 2011 bakal diterima pada bulan Juni mendatang, hal ini dijelaskan Kepala Sekolah SD 10 Sungai Sapih Badrial, S.Pd sekaligus salah satu sekolah terpilih untuk menerima penghargaan Adiwiyata, pada acara Lounching Tabloid Cendikia Pramuka di gedung Palanta kediaman Walikota Padang beberapa menit lalu.

Adapun yang menjadi penilaian untuk penerima penghargaan itu diantaranya,  terkait dengan infratruktur sekolah, program peduli lingkungan dan keikutsertaan sekolah terhadap kegiatan-kegiatan yang memperhatikan lingkungan.  

Khusus untuk SD. 10 Sungai Sapih, lanjut Badrial, pihak sekolah telah memiliki Bank Sampah semenjak bulan Juli 2009 dengan visi “lingkungan bersih, sekolah bersih”. Dengan keberadaan Bank Sampah itu, para siswa diajarkan bagaimana mendisplinkan sampah yang berserakan.

Gagasan Bank Sampah ini muncul dari tim Adiwiyata SD 10 Sungai Sapih yang dimotori oleh Mery Amriyanti, S.Pd salah seorang guru yang membidangi lingkungan hidup dan bekerjasama dengan Bapedalda dan Dinas Pendidikan Kota Padang.

Mudah-mudahan sekolah lain di Kota Padang yang telah mempunyai sarana dan prasarana cukup bagus, bias mengupayakan sekolahnya sebagai sekolah yang berbudaya lingkungan dengan teknik cukup menanam satu pohon satu hari atau atau satu siswa satu pohon, akhirnya.  **

Post a Comment

Previous Post Next Post