Wagub Sumbar : “Kemegahan Masjid Syech Burhanuddin Bangun Semangat Ke Surau

Nusantaranews, Pariaman -- Kita merasa bangga dan senang dengan pembangunan kembali Masjid Syeh Burhanuddin ini yang terkena gempa pada tahun 2009 lalu. TV One dan masyarakat Indonesia yang telah memberikan sumbangan dalam penyelenggaraan ini, kami atas nama masyarakat Sumbar menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang dalam pelestarian aset budaya religius  di daerah Padang Pariaman ini.

Ini disampaikan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim disela-sela acara Live HUT TV One ke 3 tahun di Masjid Syeh Burhanuddin yang juga terkoneksi dengan 3 daerah lainnya, Jakarta, Bandung dan Yogya. Hadir dalam kesempatan tersebut Tokoh Nasional sekaligus memberikan tausyiah Prof .DR. Amien Rais, Walikota Padang Fauzi Bahar, Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman, Ali Mukni dan Damsuar, tokoh pemuka agama dan masyarakat, Ninik Mamak, Bundo Kanduang Padang Pariaman. 

Lebih jauh Muslim Kasim menyampaikan, Sumatera Barat pernah melahirkan tokoh-tokoh nasional yang brilian, dengan kegiatan di Surau. Surau merupakan tempat ibadah sekaligus tempat pendidikan budaya, pembentukan watak dan pencerahan bagi anak-anak muda terutama anak laki-laki minang yang malu tidur dirumah dan memilih tidur dan belajar bersama di Surau.

Di Minang masyarakatnya amat peduli dengan keberadaan tempat Ibadah, Masjid, Mushala ataupun Surau ada sesuatu rasa malu dan keinginan bersama bergotong royong dalam membangunan  rumah ibadah, berinfak, bersedekah maupun berzakat mereka lakukan untuk menyempurnakan tempat ibadah. Namun pada saat bencana, disaat masyarakat butuh pertolongan dan bantuan, tidak ada yang dapat mereka perbuat, sumbangan dan perhatian berbagai pihak termasuk para donatur telah memberikan semangat masyarakat Sumbar untuk memperbaiki semuanya secara beransur-ansur termasuk keberadaan rumah ibadah saat ini.

Mudah-mudah dengan kembali kemegahan bangunan Masjid Syeh Burhanuddin ini akan memberi semangat, kebanggaan masyarakat kita untuk kembali ke Surau, sebagai bahagian pembangunan budaya pelestarian karakter anak nagari didaerah ini, harapnya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post