Penataan Ruang Kawasan Pondok

Nusantaranews, Padang -- Semenjak pasca gempa 2009 lalu, daerah pondok yang dahulunya dikenal sebagai kawasan niaga serta pusat perbisnisan, kini terlihat mati dan tidak lagi menggairahkan. Tersebarnya puing-puing sisa reruntuhan bangunan pasca gempa, merupakan salah satu penyebab sepinya aktifitas kaum etnis Thionghoa di sejumlah tempat pada daerah tersebut. Melihat kondisi yang seperti ini, berdasarkan instruksi Walikota Padang, Kecamatan Padang Barat ditunjuk sebagai salah satu peserta dalam penataan lingkungan kebersihan di daerah Pondok pada Maret mendatang.

Ada tiga Kelurahan di Kecamatan Padang Barat yang akan dilakukan penataan lingkungan kebersihan pasca gempa, diantaranya Kelurahan Kampung Pondok, Kelurahan Belakang Tanksi, dan Kelurahan Berok Nipah. Dimana pada daerah tersebut masih banyak puing-puing sisa reruntuhan bangunan yang masih belum dibersihkan, karena si pemilik bangunan tidak ada ditempat, dan bepergian ke luar kota dalam waktu yang lama sehingga sukar untuk dihubungi, jelas Camat Padang Barat, Rosail A Chaniago diruangannya siang tadi.

Menurut Rosail, daerah pondok yang selama ini lebih dikenal sebagai kawasan bisnis dan niaga, memang perlu diperhatikan. Bukan tidak mungkin daerah yang dulunya merupakan Kelurahan terbaik pada tahun 2010, kita gairahkan kembali dengan cara membersihkan puing-puing pasca gempa yang berserakan dimana-mana.  Dan juga dengan menciptakan suasana Etnis Thionghoa yang lebih kental lagi. Oleh karena itu, diharapkan kepada pihak Kelurahan, LPM, serta RT/RW setempat untuk bisa bekerjasama pada kegiatan ini.

Direncanakan pelaksanaan pembenahan, dilakukan dari awal Maret sampai dengan awal April. yang bertepatan dengan masa Cheng Beng, dimana pada masa itu warga Thionghoa yang merantau akan pulang bersama-sama untuk melakukan ziarah ke makam leluhurnya. Untuk kelancaran dan kesuksesan penataan kota ini Rosail sudah melakukan pertemuan dengan Ketua HBT, HTT dan tetua Thionghoa lainnya. Saat ini sudah pada tahap pendataan dan identifikasi, dan akan segera dilakukan sosialisasi kepada warga. "mudah-mudahan nanti pada saat Cheng Beng kawasan Pondok sudah mulai terbenahi, dan lebih bagus lagi", terang Rosail.

Selain itu, sesuai himbauan Walikota Padang, diminta bagi masyarakat yang masih mempunyai lahan kosong agar memanfaatkannya untuk  penghijauan, dengan menanam pohon-pohon suasana lingkungan terasa asri dan sejuk.

Terutama terhadap Kampung Pondok, "Saya berharap agar bisa menjadi lebih bagus lagi, karena kawasan itu adalah kawasan bisnis, Maka dari itu saya dan jajaran akan melakukan penataan yang maksimal",tekadnya.

Pada program lain,  ia juga melakukan perbaikan, yaitu membangun Sistem Informasi Data Kecamatan Terpadu. Bertujuan untuk mempermudah pendataan penduduk serta perencanaan berbagai program  khusus bagi masyarakat kurang mampu.

"Saya sangat berharap ini dapat segera tersosialisasi, agar pendataan bisa cepat dan program pengentasan kemiskinan bisa terencana lebih baik lagi", harapnya. Tim

Post a Comment

Previous Post Next Post