Muslim Kasim :"Masyarakat Mesti Mengawasi Penyalahgunaan Narkotika"

Nusantaranews, Padang -- Penyebaran informasi dengan mempergunakan kesenian daerah, seperti pertunjukan rakyat randai, tari dengan ditambahkan musik-musik khas daerah dalam mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan Narkotikka ditengah-tengah masyarakat kita, ini sesuatu yang amat baik tentu akan mudah diserap oleh masyarakat. Sehingga kita harapakan penyalahgunaan Narkorba, Nazpa di daerah ini dapat enyah di bumi Sumatera Barat, minimalnya dapat berkurang dari waktu ke waktu.

Ini disampaikan Wagub saat membuka secara resmi acara Pembekalan Informasi Mengenai Bahaya Penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor Narkotika bagi Pelaku Kesenian Tradisional di Provinsi Sumatera Barat, Kamis ( 24/2) di Padang. Hadir dalam kesepatan tersebut, Konsultan BNN  Brigjen Pol ( Purn) Dra Noldy Rata, Pokja & Fung Deputi Bid. Pencegahan BNN Kombespol Sri Sulastri,  Dir. Narkorba Sumbar AKBP Remi Widyanto, Kadis Pariwisata Ir. Prita Wardani, MT, para seniman Sumbar .

Wagub lebih jauh menyampaikan, saat ini daerah kita makin meningkat dalam penyalahgunaan narkotika ada 321 kasus, berada pada posisi ke 8 secara nasional. Kita amat prihatin sekali, betapa masyarakat kita terutama generasi mudah amat mudah tergoda dengan perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan dan merusak diri sendiri. Jika ini tidak segera kita tindak dengan cepat, akan dapat mempengaruhi tatanan kehidupan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan saat ini.

Sikap prihatin ini hendak juga menjadi perhatian kita bersama, orang tua memperhatian anak-anaknya, para RT, RW, Lurah, Walinagari hendak terus mengawasi secara seksama tentang kegiatan penyalahgunaan narkotikan dimasing-masing wilayah tempat tinggal mereka. Jangan tinggal diam atau menunggu perintah, akan tetapi bertindak cepat dengan bekerjasama dengan pihak kepolisian , agar semua tidak jadi terlambat, yang sesungguhnya dapat merugikan kita semua dalam keberlangsungan pembangunan di daerah ini, ujarnya

Wagub Muslim Kasim dalam sambutan tertulisnya juga menyampaikan, kebudayaan Sumatera Barat yang dikenal dengan kebudayaan Minangkabau yang tertuang dalam berbagai kesenian rakyat merupakan sebuah informasi moral masyarakat. Oleh karena dengan kesenian tradisional, dana para seniman dapat memberikan pengertian dan pemahaman dalam bahaya penyalahgunaan narkotik melalui gaya dan bahasa kesenian rakyat yang tentunya akan mudah diserap oleh segenap lapisan masyarakat di daerah ini.

Kita menaruh harapan yang sangat besar kepada para seniman Sumbar untuk mecari inovasi dan kreatifitas berkesenian dalam mengali kebudayaan daerah, terutama dari segi pencegahan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta prekursor narkotika bagi semua golongan masyarakat di daerah ini, ungkapnya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post