Irwan Prayitno : “ Walinagari, Lurah dan Kepala Desa, Segerakan Siap Data Potensi Daerah “

Nusantaranews, Padang -- Sangat diharapkan para Lurah, Kepala Desa, Walinagari dan Camat melakukan pendataan potensi, SDM daerah masing-masing, sebagai bahan dasar dalam memajukan dan mengembangkan prioritas pembangunan di masing-masing daerah. Data ini juga akan menjadi acuan penting bagi pemprov Sumbar dalam melaksanakan berbagai program yang akan, sedang dilakukan, seminimalnya selama periode 2010-2015.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya pada acara pembukan Rapat Kerja Pemprov Sumbar dengan Lurah, Kepala Desa se Sumatera Barat di Asrama Haji Padang . Hadir dalam kesempatan tersebut Plt Sekdaprov Mahmuda Rivai,SH.MM, Asisten Pemerintahan Drs. Asnol Amri, serta beberapa kepala SKPD dilingkungan pemprov Sumbar.

Lebih jauh Irwan Prayitno menyampaikan, dengan data potensi dan data – data pendukung lain, kita akan sangat mudah melihat perkembangan dan keberhasilan sebuah program pembangunan. Dengan data tersebut kita akan memberikan kecerdasan pemikiran, tranparansi informasi, kejelasan prospek dalam pemberdayaan masyarakat guna menyukseskan pembangunan di daerah.

Oleh karena pengkajian data dan potensi di daerah, menjadi perhatian kita bersama, Lurah, Kepala Desa , Walinagari, Camat maupun Bupati/ Walikota se-Sumatera Barat dan ini jika kita bersungguh-sungguh tidak berat atau sulit hanya membutuhkan ketekunan dan kemauan. Jika pendataan ini saja kita tidak mampu merealisasikannya, bagaimana pula kita mampu memproyeksikan sejauhmana tingkat keberhasilan dalam pembangunan yang dilakukan.

Untuk kita berharap dalam melakukan pendataan seluruh Kepala Desa dan Lurah agar diwilayah masing-masing secara aktif berkoordinasi (jemput bola) dengan dinas terkait agar bantuan yang diberikan tepat sasaran, ungkapnya

Irwan Prayitno juga menyampaikan, pelaksanaan Raker dengan Lurah dan Kepala Desa saat ini merupakan bahagian dari singkronisasi program kegiatan pemprov dengan pemkab/ko. Sekaligus memomentum strategis bagi kita dalam menjalankan tata kelola biokrasi pemerintahan, terutama bagi aparatur yang terlibat secara langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah.

Dalam raker kali ini kita telah mengikuti paparan mengenai Program Sertifikasi Tanah Masyarakat, Program PNPM Mandiri dan Profil Desa dan kelurahan, serta Program terpadu Peningkatan Perekonomian Usaha Mikro dan kecil dari berbagai nara sumber dilingkungan provinsi Sumbar. Haruslah disadari pelaksanaan program tersebut ditujukan bagi peningkatan taraf dan kualitas hidup masyarakat yang kita pimpin bersama.

Sementara Program Sertifikasi Tanah Masyarakat yang di sampaikan oleh BPN, merupakan upaya dan langkah kerjasama dalam memberikan legalitas bagi hak milik atas tanah masyarakat, khususnya untuk menunjang usaha masyarakat kita.

Dalam tahun ini juga pemerintah pusat juga melakukan pemuthakiran data dengan menerapkan KTP berbasis eloktronik (e-KTP) sebagai bentuk tertib administrasi kependudukan, dimana saat ini baru 9 kab/ko di Sumbar diantaranya (Padang, Bukittingi, Agam, Tanah Datar, Payakumbuh, Solok, Kab.Solok, Pariaman, Kab Pd. Pariaman ) dan untuk 10 kab/ko lagi akan dilakukan pada anggaran APBN tahun 2012,  katanya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Irwan Prayitno menyerahkan hadiah Umrah bagi Walinagari dan lurah penerima Award 2011 secara simbolis kepada Andree Harmadi Al Gamar,SSTP,Msi, sebagai Lurah Award 2011 kelurahan Pondok Kota Padang dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Walinagari Award bidang Penyelenggaraan Pemerintah 2011 atas nama Drs. Fery Adrianto Walinagari Sei Pua Agam, Walinagari Award bidang pengembangan ekonomi dan pengentasan kemiskinan 2011 atas nama Syafril Jamal Walinagari Padang Magek Kab Tanah Datar, Walinagari Award bidang Pelestarian nilai adat, budaya dan agama atas nama April Marsal Walinagari Pamatang Panjang Kab Sijunjung. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post