Dua Mahasiswa Minang ke Korea

Nusantaranews, Padang -- Dalam rangka International Student Exchange Program  (Program Pertukaran Mahasiswa Internasional). Dua mahasiswa Minang diutus ke Korea Selatan untuk mengikuti kuliah Spring  Semester 2011.  Kedua generasi muda Minang berprestasi ini menghadap Gubernur Sumbar Prof. Dr. Irwan Prayitno, kemarin.

Keduanya adalah Nadya Intan Kemala dan Wiwek Dian Astuti, mahasiswa Universitas Padjadjaran Bandung jurusan Hubungan Internasional. Mereka terpilih untuk mengikuti kegiatan tersebut setelah lolos seleksi di Universitas Padjadjaran Bandung.  Tahun ini Unpad mengirim  15 mahasiswa untuk mengikuti program tersebut, dua orang diantaranya berasal dari Sumbar.  Intan dan Wiwiek  akan berada di Korea Selatan selama satu semester untuk mengikuti perkuliahan Spring Semester 2011 di Ajou University Korea Selatan.

Gubernur menyambut baik kegiatan ini  dan terus mendukung agar putra-putri Minang terus berprestasi dan berkiprah di tingkat nasional maupupun internasional. Dari ribuan mahasiswa yang diseleksi, dua  putri Minang ini akhirnya terpilih sebagai utusan.  Gubernur berpesan agar mereka  mempromosikan potensi daerah ini dan menjaga nama baik Sumatera Barat.

Nadya Intan Kemala adalah mahasiswa semester IV jurusan Hubungan Internasional Univesitas Padjadjaran (Unpad)  Bandung.  Intan lahir di Padang tanggal 11 Mei 1992.   Putri dosen Fakultas Pertanian ini sudah menunjukkan prestasinya sejak duduk di bangku sekolah dasar. Pernah menjadi juara lomba menulis cerita, beberapa kali juara English Speech Contest.  Ia juga pernah menjadi utusan Unpad  dalam Kontes Debat Bahasa Inggris yang diadakan Universitas Indonesia.

Wiwik Rukmi Dwi Astuti lahir di Bukittinggi tanggal 2 September 1989.  Wiwiek sering  menempati peringkat juara sejak Sekolah Dasar. Saat  duduk di bangku SMA 1 Padang ia juga pernah diutus mengikuti pertukaran  pelajar ke Singapura tahun 2004. Selain juara kelas, putri dosen FPBS UNP ini  sangat peduli dengan  kesenian Minang.  Selain jago tari Minang, tahun 2008 ia meraih juara Pemain Melodi Talempong.

Mereka akan berada di Korea selama 5 bulan, biaya perkuliahan  dan akomodasi ditanggung oleh Ajou University.  Mereka  akan mengikuti perkuliahan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Berbagai program  internasional telah disiapkan sehingga peserta program bisa menimba pengalaman internasional dan menjadi bekal bagi mereka untuk berkiprah dalam persaingan global nantinya. Zardi
Previous Post Next Post