Bukannya Tak Menerima, Mungkin Proses Administrasinya Belum Lengkap

Nusantaranews, Padangpariaman – Tidak dipungkiri, memang belum seutuhnya bantuan gempa yang tersalurkan kepada masyarakat Padangpariaman, namun bukan berarti mereka tidak menerima. Akan tetapi, harus jelas dulu bagaimana duduk permasalahannya. Karena dalam pencairan dana bantuan gempa, seluruh proses administrasi harus dilengkapi dulu, ungkap Penanggung Jawab Operasional Kegiatan (PJOK) Kabupaten Padangpariaman, Oyer Putra St diruang kerjanya.

Dalam proses administrasi, diantaranya kelompok masyarakat (Pokmas) haruslah terbentuk. Kemudian dilanjutkan pada pembuatan rekening Bank masing-masing Pokmas. Nah, apabila segala proses tersebut telah lengkap, dengan rangkaian kwitansi, masyarakat hanya tinggal menunggu proses pencairan saja.

Perlu juga dijelaskan, dalam proses pencairan dana juga tidak segampang itu. Dimana setelah rekening dibuat, seluruh data dibawa ke PJOK, dilanjutkan pada pembuatan SK Bupati, rekening koran, berita acara pembayaran. Lalu dibuatkan berkas berkasnya untuk dibawa ke BNPB Jakarta. Selanjutkan diproses ke BKN dan dari BKN baru masuk ke Bank BRI. Setelah itu, Bank BRI mentranfer dana langsung ke masing-masing rekening Pokmas yang telah memenuhi persyaratan, urainya.

“ini perlu diterangkan, karena bantuan yang diberikan adalah uang negara yang harus dipertanggungjawabkan,”

Ia berharap, adanya dukungan dari masyarakat, fasilitator, media cetak maupun elektronik, agar PJOK dapat menyelesaikan pekerjaannya. “apabila PJOK sendiri mengurus, tentu tidak akan terselesaikan, pintanya. Junaidi

Post a Comment

Previous Post Next Post