Wawako Padang Resmikan Sosialisasi KJKS Kelurahan

Nusantaranews, Padang – Pemerintah Kota Padang telah berupaya untuk mengangkat kehidupan  ekonomi warganya dengan program pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) yang mempunyai kekuatan hukum pada masing-masing kelurahan, jelas Wakil Walikota Padang  H. Mahyeldi Ansharullah, SP pada acara sosialisasi bimbingan teknis organisasi dan menajemen bagi pengurus dan pengawas kelurahan se-Kota Padang di  UPTD Balai Diklat Koperasi dan UKM Propinsi Sumatera Barat.

Dalam rangka tersedianya suatu wadah koordinasi dan itegrasi penanggulangan kemiskinan berbadan hukum, Pemerintah sangat mendukung dan memfasilitasi terbentuknya KJKS. Dimana pada tahun 2010 telah terbentuk 54 KJKS di masing-masing kelurahan.

Dengan tersedianya lembaga keuangan yang mudah di akses oleh masyarakat, barang tentu pemberantasan praktek riba dilakukan para rentenir teratasi.

Maka, diperlukan pemasyarakatan dalam bentuk sosialisasi maupun penyuluhan secara terus menerus kepada pengurus dan pengawas KJKS keluraham. Dalam pelaksanaan kegiatan usaha di koperasi baik itu koperasi konvensional maupun koperasi syariah telah ada aturan hukum yang mengaturnya. Salah satu contoh dalam pelaksanaan kegiatan usaha KJKS/ UJKS harus berpedoman pada keputusan Menteri Negara Koperasi dan UKM nomor 91/KEP/M.KUM/IX2004. Tentang petunjuk pelaksanaan kegiatan usaha KJKS serta peraturan-peraturan menteri lainnya yang menyangkut pelaksanan usaha kegiatan KJKS.

Mahyeldi, mengimbau seluruh pengurus/ kuasa pendiri KJKS kelurahan agar memperhatikan dan mempedomani persyaratan/ ketentuan proses pengesahan akta pendirian koperasi, sehingga kekuatan hukum KJKS  kelurahan segera diperoleh dan tidak ada lagi kendala dalam menjalankan kegiatan usaha nanti.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang, Drs. Tasril Tasar juga melaporkan sebanyak 108 orang peserta dari 54 KJKS kelurahan yang diberikan sosialisasi bimbingan teknis organisasi dan manajemen  bagi pengurus dan pengawas KJKS kelurahan selama dua hari, yang dimulai tanggal  21 s/d 22 Desember 2010. Rel/ Andre

Post a Comment

Previous Post Next Post