BPK Tapakis Berikan Pelatihan Agribisnis

Nusantaranews, Tapakis –  Untuk memanfaatkan lahan kosong, para petani Kabupaten Padangpariaman diberikan pelatihan kegiatan pembelajaran agribisnis oleh Koordinator Balai Penyuluhan Kecamatan Ernawati SP didampingi Supervisor Amrizal SP selama delapan hari (20-27/12) di Kecamatan Ulakan Tapakis.

Dalam acara pelatihan yang dibuka oleh Camat Tapakis ini, para petani dianjurkan mengisi lahan kosong mereka dengan umbi-umbian, dan pisang, kemudian ditingkatkan pada pengolahan menjadi keripik. Dengan harapan kaum ibu bisa membantu beban ekonomi keluarga, jelas Ernawati. 

Dengan keberadaan BP3KP ke Balai Penyuluhan Kecamatan dan UPFMA tingkat nagari, petani merasa sangat terbantu dalam mengelola lahan tidur. Apalagi kurun waktu tiga tahun kebelakang, bantuan yang diberikan dari Bank dunia, telah meningkatkan sayur organik petani.

“saat ini masing-masing kelompok petani, telah mampu menghasilkan sayur organik seberat 125 kilo perminggu. Dengan pendapatan sebesar Rp. 10.411.000,-  mereka telah mampu memberikan kontribusi sebesar Rp. 2.500.000,-. “. jelasnya. Junaidi

Post a Comment

Previous Post Next Post