r. Aprimensyah : Tangkis Isu "Mawas diri dan tawakal"

Nusantaranews. Pariaman -- Mawas diri dan tawakal hal terpenting dilakukan manusia, karena yang namanya bencana itu pasti. Namun kapan terjadi, hanya Allah yang mengetahui. Mengapa kita harus takut akan isu yang belum tentu kebenarannya, ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman Ir. Aprimensyah, MM saat bincang santai seputar maraknya isu gempa dan tsunami diruang kerjanya.

Yang penting, waspada dan mengetahui tentang fenomena alam akan terjadinya bencana. Sebab secara teori hukum, ciri-cirinya adalah udara tidak stabil, langit mendung, binatang keluar dan terjadi penyusutan air laut.

Apabila gejala ini telah tampak, sebaiknya segera mengungsikan keluarga untuk menjauh dari tepi pantai dan pergi ketempat yang dianggap aman. Demikian pula jika ada pengumuman resmi dari pemerintah tentang adanya tsunami, maka larilah ketempat yang lebih tinggi.

Sekedar himbauan, sebelum gempa besar benar-benar terjadi, bagi masyarakat agar mempersiapkan dirumah makanan kecil dan senter dalam tas. Karena setelah gempa, jaringan listrik otomatis mati, dan bahan makanan sangat susah dicari, jelasnya. Junaidi/ Aan

Post a Comment

Previous Post Next Post