IAIN Seminar Internasional Gerakan Islam

Nusantaranews, Aliga Hotel -- Maraknya isu kontemporer terhadap dunia Islam dewasa ini, perlu direspon dan menjadi kajian kritis selanjutnya dirumuskan sebagai sumbangsih pemikiran untuk memperkuat daya tahan umat islam dalam menghadapi perkembangan dan pengaruh global. Terutama di Indonesia, persoalan HAM berhadapan dengan perkembangan sosial hukum Islam, ucap Drs. Yulizar Yunus selaku ketua seminar Internasional hari ini di Aliga Hotel Padang.

Karena dalam penerapan HAM didunia global, telah terjadi pergesekan dinamika sosial hukum Islam yang menghargai hak-hak islam dan hak manusia. Dinamika ini menimbulkan persoalan penting yang perlu mendapat jawaban. Seperti adanya fenomena budaya hukum Indonesia dalam suku Minangkabau yang telah membudaya hukum adat, berdasarkan “alua jo patuik”. Penegakkannya dilakukan berdasarkan paradigma “raso jo pareso” dan amat memperhatikan HAM, demokratis dan tidak otoriter, jelasnya

Seminar yang berlangsung semenjak tanggal 5 dan 6 Desember 2010, mudah-mudahan akan dapat memberikan pencerahan dan ilmu pengetahuan bermanfaat bagi kalangan yang turut berpartisipasi dan berkontribusi terhadap ketahanan umat Islam kedepannya.

Sebagai nara sumber yaitu Rektor IAIN Imam Bonjol Prof. DR. Sirajuddin Zar, MA, dengan judul makalah “Pengembangan Budaya Islam Nusantara Pendekatan Filsafat Estetika” Prof. Dr. Tengku Ghani Tengku Jusoh Guru Besar UKM Bangi Malaysia, Prof. Dr. Idris Bin Abdullah Guru besar UKM Bangi Malaysia dengan judul “Perkembangan Balaghah Arab Dalam Masyarakat Melayu dan Peranannya Dalam Pengajian Bahasa” Prof. Dr. Ibrahim Abu Bakar Guru besar UKM Bangi Malaysia “Moderate Islam and Muslims From The Western And Muslim Perspektives” dan Prof Dr. Azharuddin Sahil Guru Besar Ilmu Tarbiyah/ Pendidikan Islam Insaniyah University Alor Setar Kedah Malaysia dengan judul makalah “Pendidikan Islam Sebuah Evaluasi”.

Dalam prosiding seminar juga ditampilkan pemakalah yang turut berpartisipasi yaitu, Dosen IAIN Imam Bonjol Padang Drs. Yulizar Yunus Dt. Rajo Bagindo M.Si kandidat Doktor dengan judul makalah “Islam Minang Dalam Peradaban Dunia Melayu Dunia Islam” Prof. Dr. Salmadanis, MA. Guru besar dan pembantu rektor bidang kemahasiswaan IAIN Imam Bonjol Padang makalah “Dakwah Dalam Pendekatan Seni Islam Studi Kepustakaan" dan Dra. Nilawati Tadjudin M.Si dan Syafrimen M. Ed, Ph. D. Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Reden Intan Bandar Lampung, makalah “Pentingnya Kecerdasan Emosional di Kalangan Pendidikan” dan Najmul Hayat, kandidiat Doktor dan dosen IAIN Sultan Thaha Jambi dengan judul makalahnya “Pendidikan Islam di Amerika Serikat "dan Konsulat Stanlay Harsya AS di Medan. Junaidi/ Aan

Post a Comment

Previous Post Next Post