Dengan Simulasi, Penanggulangan Bencana Lebih Baik

Nusantaranews, Padang -- Tugas kita dalam bidang perlindungan masyarakat sangatlah berat dan penuh tanntangan tertutama dalam rangka menghadapi situasi masyarakat yang sering tidak terkontrol saat terjadi bencana. Akhir ini saat terjadi bencana yang cukup hebat telah membawa korban harta benda dan jiwa serta diiringi oleh isu-isu yang membuat semakin resah dan cemas. Oleh karena itu aparat dan masyarakat perlu diberikan pengalaman dan pelatihan dalam bentuk simulasi.

Ini disampaikan Wagub Muslim Kasim saat acara penutupan kegiatan Gladi Posko dan Gladi Lapangan Penanganan Bencana Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang (23/12). Ikut hadir dalam kesempatan tersebut Ka BPBD Sumbar Ir. Hemansyah serta beberapa staf teknis dan peserta simulasi penganggulangan bencana.

Lebih jauh Wagub Muslim Kasim menyampaikan, dalam rangka memberikan pelindungan masyarakat perhatian Pemprov Sumbar adalah memfasilitasi program-program Kebencanaan yang ada pada dinas / instansi/ lembaga masyarakat serta dapat pula memberikan pembekalan kepada aparatur dan masyarakat dan sosialisasi secara nyata.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah Sumbar dalam penanggulangan bencana, dipandang perlu semua komponen masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiap siagaan dalam menghadapi berbagai jenis ancaman bencana yang diperkirakan akan terjadi di daerah ini, harapnya.

Muslim Kasim juga mengingatkan, Penanggulangan bencana berharap yang terbaik dengan prinsip lebih baik banyak peluh dalam latihan dan simulasi dari pada banyak darah saat terjadi bencana.  zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post