Bupati Padangpariaman Serahterima Program PRB

Nusantaranews, PadangSago -- Apresiasi dan ucapan terima kasih diberikan Bupati Padangpariaman terhadap Kehadiran Islamic Relief Indonesia (IRI) yang telah membantu masyarakat dalam kesiapsiagaan melalui penerapan program pengurangan resiko bencana di sekolah dan komunitas masyarakat Padangpariaman.

Dalam penyampaiannya Ali Mukhni berharap kepada seluruh masyarakat serta siswa, maupun tokoh masyarakat di Padang Sago yang menjadi proyek percontohan. Untuk dapat meneruskan rantai informasi mengenai apa yang sudah dipelajari, kepada masyarakat di daerah lainnya melalui komunitas berdaya bencana yang telah dibentuk.

Secara umum kegiatan pra bencana yang mencakup kegiatan pencegahan, mitigasi,  kesiapsiagaan, serta peringatan dini, selama ini banyak dilupakan. Padahal, justru kegiatan pada tahap pra bencana inilah yang sangat penting. Karena apa yang sudah dipersiapkan pada tahap ini, merupakan modal dalam menghadapi bencana dan pasca bencana.

Mudah-mudahan, melalui kegiatan-kegiatan berupa pelatihan, pembentukan komite komunitas bencana, serta pembangunan pusat komunitas berdaya bencana yang telah dilaksanakan sejak bulan April-Desember 2010 ini, dapat meminimalkan dampak yang ditimbulkan oleh bencana yang terjadi di masa yang akan datang, papar Ali Mukni pada acara penutupan dan serah terima program Pengurangan Resiko Bencana (PRB) kepada pemerintah daerah di Padang Sago. Junaidi

Post a Comment

Previous Post Next Post