Kebiasaan Belajar Tengah Malam Berbuah Predikat “Terpuji”

Nusantaranews, Padang -- PERASAAN haru dan senang bercampur jadi satu tatkala dinobatkan sebagai wisudawati terbaik Program Studi Manajemen dalam Wisuda Angkatan VIII Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbankan Indonesia (STIE-PI), Sabtu (27/11).

Rika Amelia, demikian nama lengkap lajang kelahiran Padang 26 Februari 1988 ini. Lulus dengan predikat “terpuji” tentu tidak menjadi milik setiap orang pada kesempatan yang sama. Kenyataan ini sangat disyukuri, sebagai anugerah Illahi atas kebiasaan giat belajar dan nawaitu tulus ikhlas membahagiakan kedua orangtua.“Sebelum masuk STIE-PI, Rika memang sudah berniat membahagiakan orangtua melalui prestasi yang didapat,” ujar bungsu dari empat bersaudara tersebut. Niat saja tentunya tidak cukup. Untuk itu puteri dari pasangan Syafri Syam dan Roswita ini membulatkan tekad untuk senantiasa fokus pada kegiatan akademik.

Uniknya, pemilik IPK terakhir 3,58 ini lebih enjoy belajar di tengah malam bahkan pada dinihari. Baginya, belajar pada saat-saat seperti itu membuatnya merasa lebih tenang dan fokus. Kebiasaan ini dimulainya sedari masih berstatus siswi di SMAN 12 Padang.  

“Biasanya sehabis shalat Isya, Rika tidur dulu dan bangun pada tengah malam. Nah, setelah cuci muka mulai dech belajar. Baca-baca buku pelajaran, atau ngerjain tugas-tugas kampus. Setelah belajar beberapa jam, Rika tidur lagi dan bangun pas shalat Subuh,” papar Rika yang skripsinya berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Pemegang Tabungan Simpeda pada Bank Nagari Cabang Utama Padang”.

Kenapa lebih sreg dengan pola belajar seperti itu?, kejar penulis. “Bagi Rika, kayaknya pelajaran lebih cepat masuk ke otak ketimbang belajar siang atau sore hari. Lagipula sudah kebiasaan dari SMA,” terangnya. Pola belajar tengah malam hingga dinihari, menurut gadis yang selamat empat tahun kuliah selalu mendapat beasiswa dan prestasi ini, tadinya hanya sekedar coba-coba mempraktekkan tips yang  diberikan salah seorang guru SMA-nya. Belakangan, coba-coba itu menjadi kebiasaan dan mujurnya berbuah prestasi.  

Ditanya apa orientasinya setelah menamatkan kuliah dan resmi menyandang gelar Sarjana Ekonomi (SE), Rika menyatakan ingin ikut test CPNS sekalian coba-coba adu nasib melamar ke sejumlah perusahaan perbankan. “Doain ya, langkah lanjut Rika lancar dan sukses?,” pinta pemilik hobi baca novel dan nonton acara Kick Andy di Metro TV ini di akhir pembicaraan. ecevit demirel 

Post a Comment

Previous Post Next Post