Pembangunan Pengendalian Banjir Kasang akan dimulai Tahun 2011

Menanggapi keluhan masyarakat Jorong Kasai Nagari Kasang kecamatan Batang Anai sehubungan banjir dilokasi tersebut pada tanggal 26 September 2010 lalu yang juga merupakan banjir rutin setiap musim hujan, Gubernur Irwan Prayitno segera melakukan eksen dengan menggerakan Dinas PSDA Sumbar melakukan perencanaan dan mulai melakukan pembersihan gorong saluran drenase pengendalian banjir di lokasi tersebut, pagi tadi.

Dalam kesempatan ini Gubernur Irwan Prayitno yang didamping Kadis PSDA Ir. Ali Musri menyampaikan, pembangunan pengendalian banjir di Kasang Kecamatan Batang Anai ini merupakan perhatian pemerintah provinsi Sumatera Barat dalam mewujudkan kenyamanan, keasrian dan keindahana tempat tinggal masyarakat. Sekaligus menjawab keluhan masyarakat yang selama ini, terus menderita akibat banjir setiap hujannya.

Pembangunan pengendalian banjir tahap pertama ini direncanakan akan mempergunakan dana lon dari bantuan Jepang sebesar Rp. 200 Miliar yang direncanakan akan dimulai pada tahun 2011 mendatang. Pelaksanaan pembangunan tahap awal ini akan berjalan selama tiga tahun hingga tahun 2014, sementara sisa sebesar Rp. 640 Miliar akan direncanakan pada tahun-tahun berikutnya juga melalui dana lon dari Jepang.

Agar pelaksanaan ini dapat berjalan dengan baik, diharapkan para tokoh masyarakat dan masyarakat disekitar dapat mendukung secara baik dilapangan. Bagi masyarakat yang terkena tanahnya dapat melakukan pembahasan dengan pemerintah Pemkab Padang Pariaman secara baik.

Jika perlu pembebasan tanah ini tidak menimbulkan gejolak dan tidak mengakibatkan pembiayaan yang begitu besar, jika boleh karena ini untuk pembangunan bagi kesejahteraan kita semua pembebasan tanah diberikan masyarakat dengan suka rela, sehingga tidak membebani dana APBD yang amat terbatas, himbaunya.

Walijorong Mainuzal dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, kondisi banjir di Jorong Kasai Nagari Kasang ini telah dilaporkan kepada Pemkab Pd. Pariaman sejak 15 tahun lalu, dan kami hampir setiap periode pemerintah Pemkab juga menyampaikan keluhan tentang penanganan banjir didaerah ini. Namun selama itu tidak pernah ada tanggap yang berarti.

Tapi saat ini saat kami masyarakat menyampaikan keluhan ini kepada Gubernur Irwan Prayitno pada tanggal 26 September lalu, mendapat respon yang positif dan ini amat membahagiakan kami. Mudah-mudah pembangunan pengendalian banjir di daerah kami ini dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan, karena pembangunan ini telah lama-lama kami idam-idamkan, ujarnya. rel/ronald

Post a Comment

Previous Post Next Post