Kementerian LH Sampaikan Dukacita Bencana Mentawai

nusantaranews, sumbar -- Kementerian  Lingkungan Hidup RI, ikut prihatin dan berlangsungkawa terhadap korban dan masyarakat yang terkena bencana gempa bumi dan stunami Mentawai pada malam Senin 25/10 lalu. Kita juga akan aktif dan membantu nantinya saat massa rehab rekon penanggulangan bencana tersebut.
Ini disampaikan Deputi III Kementerian LH Arif Yuwono, MA saat diberkunjungan ke kantor BPBD sebagai Pusdalops PB Sumbar yang diterima oleh Ka BPBD Ir. Hermensyah dan Kabid Penanggulangan Bencana Ir. Ade Edward. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Ka Bapedalda Provinsi Sumbar Drs. H.Asrizal Asnan, MM beserta staf.




Lebih lanjut Arif Yuwono menyampaikan, kunjungan kali ini juga ingin melihat dari dekat kondisi pasca bencana gempa dan stunami Mentawai, sehingga nantinya kita dapat memberikan pandangan dan analisis penanggulangan bencana dimaksud.

Deputi III Kementerian LH yang juga ketua Satgas Rawan Bencana LH, berharap penanggulangan bencana dan pelaksanaan rehab rekon nantinya dilakukan sesuai dengan kondisi alam dan lingkungan serta kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan sistem keamanan terhadap keselamatan masyarakat terhadap bencana alam, harapnya.

Ka BPBD Ir. Hermensyah dalam kesempatan itu menyampaikan di beberapa dusun pantai barat yang terkena stunami masyarakatnya telah mampu bergerak cepat menyelamatkan diri ke perbukitan, sehingga mereka selamat walaupun kampung mereka musnah oleh stunami.

Diketahui juga pergerakan stunami di daerah ini hanya dalam waktu 5 menit, rasanya jika dengan peralatan saat ini tidaklah mampu memberitahu kepada masyarakat. Kita sesungguhnya butuh kearifan lokal dan kecerdasan masyarakat didaerah bencana menyikapi kondisi tersebut.

Saat ini kita juga butuh relawan lingkungan hidup dalam rangka pemulihan lokasi pasca bencana gempa dan stunami Mentawai, sehingga penyelenggaraan pembangunan lingkungan hidup dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, ujarnya.

Hermensyah juga menyampaik hingga saat ini, korban yang terdata baru 311 orang meninggal dunia, 379 orang hilang, 261 luka berat, 137 luka ringan, Rumah penduduk yang rusak berat 442 unit, rusak ringan 200 unit, 5 jembatan rusak berat , 4 sarana pendidikan rusak berat, 5 unit rumah ibadah rusak berat, 4 unit rumah dinas rusak berat.

Dalam kesempatan tersebut Deputi III Kementerian LH menyerahkan bantuan sebesar Rp 30 juta atas nama Kementerian LH RI untuk bencana gempa dan stunami Mentawai yang diterima langsung oleh Ka BPBD. rel/zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post