Pemprov Sumbar Peringati Dirgahayu Sumpah Pemuda Ke-82

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 tahun 2010 berlangsung khidmad di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (28/10), dengan inspektur upacara Staf Ahli Bidang Kesra Surya Dharma Sabirin, sementara  Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sedang berada di Mentawai pasca gempa dan tsunami yang melanda kepulauan tersebut,dua hari lalu.

Dalam sambutan tertulis Menteri Negara Pemuda dan Olahraga yang dibacakan inspektur upacara disebutkan bahwa peringatan hari sumpah pemuda selalu memicu inspirasi dan motivasi baru untuk memajukan bangsa Indonesia .

Disebutkan, cita-cita luhur dan harapan pemuda pemudi di zaman pergerakan dahulu yakni satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia telah merajut kemajemukan menjadi suatu keutuhan yang bertujuan merdeka dan bebas dari kekangan untuk menentukan masa depan sendiri. Para pemuda saat itu juga sangat sadar bahwa tuntutan mereka mensyaratkan tanggung jawab bersama yang terus menerus untuk membuktikan kemampuan bangsa ini mewujudkan harapan-harapan rakyatnya. Kekuatan tekad dan semangat mereka ini adalah dasar dari karakter bangsa Indonesia , khususnya para pemuda yang harus terus dikembangkan.

Thema Hari Sumpah Pemuda ke-82 tahun ini adalah “Bangun karakter Pemuda demi bangsa Indonesia yang maju dan bermartabat”, mengandung pesan bahwa langkah menuju Indonesia yang maju dan bermartabat sangat bergantung pada karakter pemuda yang kokoh di atas semangat persatuan dan kesatuan Indonesia. Karakter yang kokoh ini bercirikan semangat patriotik, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar, wawasan luas, kecerdasan yang mencerahkan, kepedulian yang merekatkan serta keteguhan untuk bersatu yang semuanya dianaungi oleh nilai-nilai Pancasila dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia .

Pemuda Indonesia dengan kepribadian Indonesia yang tertanam dalam jiwanya akan mampu berpengaruh besar dalam menentukan arah dan langkah bangsa ketika menghadapi persoalan-persoalan kini dan di masa depan. Untuk itu pemuda Indonesia harus terus menerus mempersiapkan diri, baik secara individu maupun secara bersama-sama untuk memupuk, memelihara dan memperkokoh kepribadian Indonesia .

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 tahun 2010 berisikan dua rangkaian kegiatan besar yaotu Bulan Bhakti Pemuda Indonesia dan Pekan Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Kedua rangkaian ini memberikan ruang yang luas bagi pemuda Indonesia untuk menunjukkan sekaligus melatih kepedulian serta semangat akan ke-Indonesia-an.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 tingkat Sumbar tersebut diserahkan piala penghargaan dan hadiah kepada empat orang pemuncak pemuda pelopor tingkat Sumbar. Keempat pemuda tersebut adalah Trisno Yolanda,S.Tp dari Dharmasraya kepeloporan bidang pendidikan yang sekaligus menjadi Juara I Nasional dan sedang diundang mengikuti  Hari Sumpah Pemuda tingkat nasional di Solo Jawa Tengah.

Selanjutnya Retno,S.Sos dari Kab. Tanah Datar kepeloporan bidang kewirausahaan, Bunga Oktaria,S.Pt dari Kota Payakumbuh kepeloporan bidang tekhnologi tepat guna dan Jonadi dari Kab.50 Kota kepeloporan bidang Seni dan Budaya. rel/Rini Jamrah

Post a Comment

Previous Post Next Post