SMPN 31 Padang Songsong Predikat SBI

Persiapan matang dan kerja keras menjadi modal awal bagi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 31 Padang untuk meningkatkan diri menjadi sekolah bertaraf internasional (SBI).

Wujud dari persiapan matang dan kerja keras SMPN 31 Padang yang saat ini bepredikat sekolah standar nasional (SSN) menuju SBI setidaknya telah tampak dari ketersediaan tenaga pengajar berkualitas, bangunan yang layak, serta kelengkapan sarana dan prasarana pendukung sekolah lainnya.

Kepala SMPN 31 Padang, Usdenta Lubis, S.Pd yang dijumpai website ini ruang kerjanya, baru-baru ini, menjelaskan, tahun 2010 merupakan tahun ketiga atau terakhir bagi SMPN 3 Padang sebagai SLTP berpredikat SSN.

“Langkah selanjutnya SMPN 31 Padang harus naik peringkat menjadi SSN Mandiri selama tiga tahun pula. Jika sewaktu masih berpredikat SSN masih ada subsidi dari pemerintah, setelah berpredikat SSB Mandiri SMPN 31 Padang benar-benar harus mampu mengembangkan diri lewat kemandirian tanpa adanya subsidi dari pemerintah. Nah, setelah sukses menapaki predikat SSN Mandiri dengan mengukir sederet prestasi, barulah predikat SBI bisa diraih,” papar pemilik sapaan akrab Pak Lubis tersebut.

Ia mengakui, tidak ringan memang prasyarat menjadi SLTP berpredikat SBI. Namun baginya dan segenap keluarga besar SMPN 31 Padang, itu merupakan tantangan untuk memberikan dan mendapatkan yang terbaik bagi almamater. Pihak tetapnya optimistis segala yang terbaik akan berhasil dicapai jika dibarengi kerja keras.

Dalam eksistensinya selama ini, SMPN 31 Padang telah mengukir sederet prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik. Prestasi akademik yang baru-baru ini berhasil diukir antara lain dinobatkan sebagai sekolah penyelenggara Ujian Nasional (UN) terbaik peringkat ke-7 tingkat SLTP negeri/swasta kota Padang yang diikuti 100 penyelenggara. Sedangkan di tingkat provinsi Sumbar yang diikuti 988 sekolah penyelenggara, SMPN 31 Padang menempati peringkat 17 terbaik. Yang paling membanggakan, salah seorang siswa SMPN 31 Padang berhasil menduduki rangking 8 perolehan hasil UN se- Sumbar.

Sedangkan prestasi non akademik yang berhasil diukir SMPN 31 Padang tak kalah banyaknya, terutama di bidang olahraga. SLTP yang gedungnya bercokol di kawasan Andalas Padang Timur ini sangat diperhitungkan hamper di seluruh cabang olahraga. Mulai dari olah raga volley ball, karate, tekwondo, lomba dayung dan sebagainya.

Pak Lubis juga menginformasikan bahwa pada tahun ajaran baru 2010 - 2011 ini, SMPN 31 Padang memiliki kapasitas penerimaan sebanyak 256 siswa dikurangi jumlah sisswa kelas satu yang tidak naik kelas. ede

Post a Comment

Previous Post Next Post