Museum Adityawarman Gelar Bimtek Songsong Kunjungan Museum

Dalam rangka menyongsong dan mensukseskan tahun kunjungan museum 2010-2014, Museum Adityawarman Sumbar sebagai Ppmbina museum lokal di Sumatera Barat, selalu melakukan evaluasi dan berbenah diri dengan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Salah satu upaya dilakukan yaitu melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang direncanakan pada tanggal 26 sampai dengan 29 Juli 2010 di Museum Adityawarman, dengan peserta sebanyak 30 orang, terdiri dari 15 orang tenaga teknis, 14 orang dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta satu orang dari Kantor Arsip, Perpustakaan da Dokumentasi, tutur Kepala Museum Adityawarman Drs. H. Muasri diruang kerjanya.

Adapun untuk penyaji makalah sendiri, akan disampaikan oleh Direktur Permuseuman Dra Intan Mardiana, M. Hum, Kepala Dinas Budpar Provinsi Prof Dr. Ir. H. James Hellyward, Kepala Museum Adityawarman Drs. H. Muasri, Direktorat Museum Yum Astuti, SH, Kepala BP3 Batusangkar Drs. Fitra Arda, M.Hum, Museum Lokal Ir. Rika Cheris serta salah seorang Dosen Sejarah dari Unand Prof. Dr. Herwandi, M.Hum. untuk teknisnya, kegiatan itu akan dipandu dari beberapa orang staf museum sendiri.

Diuraikannya, semenjak tahun 2006, 2007 dan 2008 Museum Adityawarman memang telah melaksanakan berbagai pelatihan terhadap tenaga teknis lokal se_Sumatera Barat. Sebagaimana tujuan dari kegiatan tersebut tidak lain, bagaimana para peserta terutama pemilik BCB mendapatkan bekal cara melakukan perawatan, perlakuan penyimpanan terhadap benda cagar budaya yang mereka miliki. Karena Sumbar dengan potensi keindahan alam, keragaman budaya serta memiliki 15 buah museum lokal yang tersebar di Kabupaten/ Kota, sangat disayangkan apabila tidak dikelola dan dikembangkan secara professional.

Maka, melalui kegiatan-kegiatan Bimtek ini tentu tersandar harapan, agar ilmu yang mereka peroleh dapat pula di implementasikan pada tempat mereka bekerja masing-masing.

Tak lupa ucapan terima kasih disampaikan kepada Bapak Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Bapak Dirjen Sepur, Ibu Direktur Museum yang telah memberikan dukungan pendanaan pada kegiatan ini, Bapak Kepala Dinas Budpar Sumbar yang memberikan perhatian penuh dalam pengembangan museum, serta atensi berbagai pihak atas terselenggaranya rencana kegiatan tersebut. nkt/mon

Post a Comment

Previous Post Next Post