Anak jalanan=anak bangsa

Anak adalah anugrah yang diberikan sang pencipta kepada manusia untuk melanjutkan garis keturunan mereka. Mereka juga adalah aset bagi kelangsungan jalannya roda pemerintahan negara ini, karena mereka kelaklah yang akan melanjutkan kepemimpinan bangsa kita ini. Maka dari itu jaga mereka, beri pendidikan dan pembinaan untuk membentuk karekter bulding mereka, agar dikemudian hari mereka semua bisa mengangkat harkat da martabat bangsa yang kita cintai ini.Tapi dari sekian banyak anak yag ada di negri ini, masih ada segelintir anak yang belum bisa mendapatkan pendidikan, kesehatan serta kehidupan yang layak, bahkan mereka pun terpaksa hidup meng-gelandang berjuang demi hidupnya.

Anak-anak ini yang sering kita sebut sebagai anak jalanan atau kaum marjinal.
Jika kita telisik lebih jauh negara pun siap untuk mememberi penghidupan yang layak bagi rakyatya . pasal 27 ayat 2 UUD 45 berbunyi, “tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaanda penghidupan yang layak bagi kemanusian.” Tapi seolah –olah itu hanya kamuflase untuk menyenangkan kaum marjinal ini. Sama kita ketahui semakin tingginya biaya pendidikan, mahalnya kesehatan bahkan nyawapun terancam karena rawan keamanannya di negara ini, kelangsunag hidup merekapun terancam.

Tingginya biaya pendidikan membuat orang tua tidak sanggup menyekolahkan anaknya, dampak ini yang mengakibatkan banyaknya anak-anak yang putus sekolah. Sulitnya mencari pekerjaan yang layak membuat mereka terpaksa terjun kejalanan untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga mereka. Faktor inilah yang menjadi alasan terbesar mereka, mengapa mereka harus terjun kejalanan untuk mencari sesuap nasi untuk menunjang kelangsungan hidup keluarga mereka.


Bahkan untuk hidup sehatpun di negara ini terkesan bagi kaum borjuis saja, sama kita ketahui untuk berobat kerumah sakit kitapun harus merogoh kocek yang sangat dalam. Keadaan ini yang harus segara dibenahi dan dicarikan solusinya. Negarapun jangan hanya tersudut dalam kuldesak yang tiada berujung , cari solusi untuk mereka !!! bagaimana mereka harus kembali ke sekolah, bagaimana kehidupan ekonomi kaum lemah terangkat, dan untuk berobat setidaknya terjangkau bagi kaum menengah kebawah ini. Agar kaum marjinal ini bisa hidup layak seperti yang diamanahkan dalam pasal 27 ayat 2 UUD 45.


Tangan biarkan generasi penerus bangsa ini terjebak dalam labirin gelap kehidupan, jangan biarkan hak-hak mereka terampas oleh tingginya tuntutan kehidupan, beri mereka kesemopatan bagi kehidupan yang layak, jaga mereka, jangan sia-siakan mereka, karena anak jalanan juga anak bangsa yang perlu perhatian khusus dari negara yang kita cintai ini. Karena ditangan merekalah harkat dan martabat bangsa dimasa mandatang berada… selamat hari anak nasional teruslah berkarya bagi bangsa yang kita cintai ini INDONESIA.

**Penulis Dicky Osmond**

Post a Comment

Previous Post Next Post