N3, DEMAK - Semenjak digelar TMMD Kodim Demak di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak warung makan dadakan  menjadi pelengkap wisata kuliner Demak,  selain jenis makan dan minuman lainnya.   Warung dadakan,  biasanya muncul kalau ada keramaian. 

Munculnya warung dadakan di Kalikondang  banyak warga yang  memanfaatkan sebagai sarana komunikasi antara Prajurit Satgas TMMD Reg 105 dengan warga di samping mencari tambahan penghasilan. Mereka biasanya Ngopi bareng sambil bincang bincang(Jagongan bhs Jawa) akan terbentuk suatu persahabatan dan kemanunggalan antara TNI dan Masyarakat.

Disini banyak menu makanan dan minuman yang dipilih tergantung pembeli mau pilih yang mana.“Lumayan Pak sejak ada pak tentara warung saya ramai, mereka pada nongkrong saat selesai kerja dan santai bareng sama warga,pak Tentara ternyata ada yang pintar guyonan juga ya pak,”Kata ibu Laastri yang kesehariannya buka warung makan di Desa Kalikondang yang menjadi sasaran lokasi TMMD.

Lain halnya ibu Fatonah meski sudah ada warung yang biasa jual kami cari selahnya dalam menambah pundi pundi rupiah kami jual yang belum ada yaitu Lontong Ayam, masih jarang di jumpai di lokasi TMMD. Hanya beberapa warga saja yang menekuni profesi jualan lontong ayam. Sebab kebanyakan menjual lontong dengan dibumbui sambal kecap, tahu atau sayur lainnya.

Hal itu membuat ibu Fatonah, salah seorang ibu rumah tangga asal desa Kalikondang Kecamatan Demak, tertantang untuk membuka usaha  lontong ayam.
“Saya lihat masih jarang yang jualan lontong sayur ayam, saya punya inisiatif,  seperti lontong Campur, akhirnya saya tertantang membuka usaha dan menyewa kios di sebelah pos kotis TMMD,” ujarnya, di Kalikondang.Kamis 25-07-2019.(Pendim 0716/Demak
 
Top