N3 Payakumbuh - Dalam melaksanakan tugas-tugas pembinaan teritorial di wilayah binaannya, salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh para babinsa Koramil 01/PYK – Kodim 0306/50 Kota adalah ikut aktif dalam memberikan pembinaan kepada para anggota kelompok tani pertanian.
Seperti yang dilaksanakan pada Senin (24/6), Babinsa menggelar pertemuan dengan Kelompok Tani Makmur dan Kelompok Tani  Tunas Mekar di Kelurahan Payobasuang Kecamatan Payakumbuh Timur.
Hadir dalam acara tersebut dari Dinas Pertanian Kota Payakumbuh Kabid tanaman pangan Yulia Fitry, ST, M.Ng, Kasi perlindungan tanaman Dona Valentina S.P, PPL Kecamatan Payakumbuh Timur Dede Eldasri dan dari anggota Pemberdayaan Masyarakat Erry S. Jaren.
Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang bagaimana upaya meningkatkan hasil produksi pertanian dimulai dari pengolahan lahan, pemilihan bibit, penanamannya, sampai ke  perawatan tanaman. Selain itu juga disampaikan segala permasalahan dan kendala para kelompok tani dilapangan.
Demikian juga bagi para babinsa Koramil 01/PYK yang dihadiri oleh Danpos Kecamatan Payakumbuh Timur Pelda Gusdarta, didampingi Serma Dadang, Sertu Zamriyus dan Sertu Irwan Simanjuntak yang tidak henti-hentinya menyemangati dan memotivasi para anggota kelompok tani agar tidak segan-segan untuk meminta bantuan para babinsa.
“Apabila terdapat permasalahan dan kendala di lapangan yang sulit dihadapi, para babinsa akan siap bersedia untuk ikut bersama-sama para anggota kelompok tani untuk langsung turun ke lapangan menyelesaikannya” ujar Pelda Gusdarta.
Salah seorang Ketua Kelompok Tani Ir. Haris Hilmi menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah Kota Payakumbuh dan para Babinsa Koramil 01/PYK yang selama ini mereka nilai sangat aktif dalam melaksanakan pendampingan dan penyuluhan kepada kelompok-kelompok tani.
“Kami sebagai kelompok tani menjadi semakin termotivasi dan bersemangat karena adanya tempat mengadu dan bertukar pendapat. Maka segala keluhan dan aspirasi kami dapat terwadahi,” tukuk Haris.
Dalam kesempatan tersebut, tidak lupa para Babinsa Koramil 01/PYK juga memeperkenalkan produk Decomposer bios 44 yang sedang gencar-gencarnya diuji coba kan oleh para petani dan peternak se-Sumatera Barat, kerena berdasarkan uji coba dibeberapa tempat telah terbukti dengan mempegunakan Bios 44 maka hasil pertanian mengalami kenaikan yang cukup signifikan.
Di tempat terpisah, Danramil 01/PYK Kapten Czi Joni Forta mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Payakumbuh melalui instansi terkait, yang telah memberikan kesempatan bagi para babinsanya untuk bersama-sama dengan PPL Pertanian  membaur dengan kelompok-kelompok tani yang ada di wilayah Kota Payakumbuh.
“Sinergitas antar pemerintah, aparat, dan masyarakat semoga selalu dapat terperlihara guna menciptakan cegah dini dan deteksi dini dalam segala permasalahan, terutama di dunia pertanian. Semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin dan terus-menerus guna menuju ketahanan pangan dan swasembada pangan sesuai dengan program dan sasaran pemerintah kedepan,” pungkas Danramil.(Rstp)
 
Top