Pekon Karang Sari Menggelar Gebyar PAUD Program HIMPAUDI Tahun 2024


Pekon Karang Sari Menggelar Gebyar PAUD Program HIMPAUDI Tahun 2024



Pringsewu (Nusantaranews.Net) Lampung Pekon Karang Sari Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung, menggelar gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Gedung Serbaguna (GSG) pada hari Jum’at 26 April 2024 di pekon setempat.

Kemeriahan gelaran acara tersebut dihadiri Kepala Pekon (kakon) Karang Sari Supriyono, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili kepala bidang PAUD Sumarno, S.Pd, ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Umi Laela M.Pd, pemilik PAUD Kecamatan Pagelaran Bariyah, M.Pd, bunda PAUD Karang Sari Hayuning Sih, seluruh kepala PAUD kecamatan Pagelaran, kepala dusun (kadus), para orang tua beserta 212 anak dari 16 lembaga yang ada di kecamatan Pagelaran.

Kakon Karang Sari Supriyono mengatakan pada media ini, dengan adanya gelaran acara ini diharapkan anak-anak mendapatkan kemerdekaan, artinya diusia dini bisa bebas bermain dan berkarya dengan dampingan guru yang harus dituntut sabar mengarahkan anak-anak supaya dikemudian hari bisa membentuk karakter anak yang mau belajar.

Lanjut Supriyono mengatakan, anak yang masih kecil jangan disajikan suasana yang bisa menekan pikiran dan membuat rasa takut berlebihan, contohnya memarahi anak dengan serius dan mengancam, membentak-bentak dengan nada keras disertai mata melotot, itu semua bisa berdampak buruk untuk karakter anak-anak.

Supriyono juga menambahkan, sebaliknya kalau anak-anak dibentuk dari usia dini dengan suasana ceria tanpa memanjakan anak berlebihan, kata-kata menyanjung, mendidik anak dengan suara yang lembut diharapkan bisa menjadikan anak tersebut mempunyai akhlak dan etika kedepannya.

Kepala Pekon tersebut juga menjelaskan, itu semua tanggung jawab kita sebagai para orang tua dan guru-guru pendidik karena Gebyar PAUD ini diadakan setiap tiga bulan sekali secara bergilir dalam satu kecamatan, jadi semua harus berlanjut dan berkesinambungan mulai dari rumah sampai ke sekolah-sekolah.

Terakhir Supriyono juga menerangkan, Pekon Karang Sari sangat mendukung Program ini dan Alhamdulillah terbukti disambut meriah dan positif untuk anak-anak dan para orang tua, salah satunya terlihat kegiatan memotong kertas berwarna menjadi bagian kecil-kecil dan menempelkan lagi pada bidang kertas atau papan, sehingga menjadi suatu gambar yang unik sesuai arahan guru dan orang tua masing-masing.

Ketua HIMPAUDI Umi Laela, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan seluruh 16 lembaga yang ada di kecamatan Pagelaran harus ikut mensukseskan program Gebyar PAUD ini, karena ini masa transisi untuk anak-anak melaju ke Taman kanak-kanak (TK) dan pendidikan sekolah dasar (SD).

Lanjut Umi Laela, M.Pd. mengatakan anak jangan ditekan harus bisa baca tulis karena belum masanya, dan jangan memaksakan anak-anak harus ikut bimbingan belajar (bimbel), Les dan sebagainya, itu semua keliru karena masa transisi anak cuman bermain, seperti, lari-lari, menggambar semaunya, menyanyi dan lain-lain.

Camat Pagelaran Muhammad Faozan, S.Pd, M.Pd. dalam sambutannya juga mengawali dengan mengajak seluruh anak-anak PAUD untuk bernyanyi berjudul “Anak Sehat”, dilanjutkan ucapan terima kasih dan rasa bangga untuk anak-anak PAUD Pekon Karang Sari dan kecamatan Pagelaran yang telah sukses menggelar acara Gebyar Anak.

NN.Net (Rian)

Post a Comment

Previous Post Next Post