Pemko Payakumbuh Gelar Pasar Murah Dalam Rangka Stabilisasi Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan 1445 H



Nusantaranews.net, Payakumbuh - Dalam rangka stabilisasi harga bahan pokok menjelang Ramadan 1445 Hijriah, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar pasar murah di pelataran parkir Dinas Koperasi dan UKM, Rabu (6/03/24) hingga Kamis (7/03/24).

Penjabat Wali Kota Payakumbuh Drs. Jasman, MM mengatakan pasar murah dilaksanakan mengingat terdapat sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan menjelang Ramadan dan juga untuk mengendalikan inflasi di Kota Payakumbuh.

“Pelaksanaan pasar murah merupakan bentuk kepedulian Pemerintah kepada masyarakat. Semoga apa yang kita laksanakan kali ini bermanfaat untuk masyarakat kita,” ujarnya.

Diawal kedatangan, Pj Wali Kota Payakumbuh langsung menyapa masyarakat yang telah antre untuk bisa membeli bahan pokok yang dijual di pasar murah.

Jasman mengatakan pada tahun ini akan dilaksanakan beberapa kali dan diharapkan dapat dilaksanakan di berbagai tempat lainnya untuk mendatangi langsung masyarakat.

“Kita ingin memastikan bahwa pemerintah sebagai pelayan masyarakat akan selalu hadir di tengah masyarakat di kondisi apapun,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM M. Faisal mengatakan dalam kegiatan rutin yang dilaksanakan dinasnya kali ini terdapat empat jenis bahan pokok yang dijual di pasar murah yakni beras, telur, gula, dan minyak goreng.

“Ini kegiatan pertama kita di tahun ini dan akan dilaksanakan beberapa kali lagi tahun ini. Kegiatan pasar murah ini dianggarkan dari APBD Kota Payakumbuh,” katanya.

Ia mengatakan untuk beras itu total yang disediakan sebanyak 5,5 ton yang terdiri dari 3,5 ton beras jenis Anak Daro yang dijual Rp.14.500 per kilogram sedangkan harga di pasaran Rp.17 hingga Rp.18 ribu perkilogram selanjutnya beras SPHP sebanyak dua ton yang dijual Rp.11.500 per kilogram.

Selanjutnya untuk telur disediakan sebanyak 500 tray yang dijual sebesar Rp.48 ribu untuk satu tray dengan harga normal di pasaran Rp.54 ribu hingga Rp.57 ribu.

Sementara untuk Gula disediakan sebanyak 1 ton dengan harga untuk satu kilogramnya hanya Rp.14 ribu dengan harga normal di pasaran Rp.17 ribu hingga Rp.18 ribu.

“Terakhir untuk minyak dengan merk Mitra kita sediakan sebanyak 3.000 liter yang dijual Rp.29 ribu per dua liter dengan harga di pasaran Rp.34 ribu hingga Rp.35 ribu,” ujarnya didampingi Kabid Perdagangan Hayatil Mardhiyah.

Ia mengatakan minat masyarakat untuk datang ke pasar murah sangat tinggi terlebih untuk dapat membeli beras kualitas bagus dengan harga yang sangat terjangkau.

“Penjualan kita lakukan selama dua hari dan Alhamdulillah pada hari pertama semua berjalan lancar bahkan yang kita sediakan di hari pertama habis dalam waktu tidak hampir dua jam,” katanya. (rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post