Gebyar HUT Bank Nagari Ke-62 Tahun ini, Bertemakan Laju Bersama Digitalisasi

 Sambutan Pjs Dirut Bank Nagari Gusti Candra pada upacara peringatan HUT ke-62 

di halaman Kantor Pusat Bank Nagari di Jalan Pemuda Kota Padang



Memasuki puasa pertama , Bank Nagari merayakan hari ulang tahun ke-62. Saat mencapai usia yang matang ini, bank yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) terus mengimplementasikan inovasi, sinergi, dan kolaborasi untuk mengoptimalkan setiap peluang guna meningkatkan pertumbuhan perusahaan di masa depan.


Perayaan HUT ke-62 Bank Nagari dimulai dengan upacara bendera di halaman Kantor Pusat Bank Nagari di Jalan Pemuda Kota Padang pada Selasa (12/3). Acara ini dihadiri oleh direksi, jajaran komisaris Bank Nagari, direksi dan komisaris periode sebelumnya, pensiunan pejabat eksekutif, seluruh pimpinan divisi dan cabang Bank Nagari, serta pegawai dan karyawan.


Pada kesempatan tersebut, Pjs Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari, Gusti Candra, menyampaikan bahwa peringatan ulang tahun bukan hanya merayakan momen rutin, melainkan juga sebagai kesempatan untuk merefleksikan dan mengapresiasi perjalanan panjang bersama.


"Dalam usianya yang ke-62 tahun, Bank Nagari terus mempertahankan tekad dan semangat untuk mengoptimalkan potensi dan sumber daya demi mewujudkan visi besar sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) terkemuka dan terpercaya di Indonesia," katanya.


Gusti menambahkan bahwa Bank Nagari harus dapat mengikuti tren teknologi digital dan perubahan perilaku konsumen yang sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Oleh karena itu, tema yang diusung oleh Bank Nagari untuk tahun 2024 adalah "Laju Bersama Digitalisasi," yang mencerminkan tekad untuk membawa inovasi dan kreativitas melalui transformasi digital.

Selama tahun 2023, Bank Nagari berhasil mencapai capaian positif dengan laba bersih sebesar Rp 523,61 miliar, tumbuh 11,11% dari tahun sebelumnya. Aset Bank Nagari juga meningkat menjadi Rp 32,07 triliun pada tahun 2023, naik 6,55% dari tahun sebelumnya. Kredit dan pembiayaan yang disalurkan mencapai Rp 24,03 triliun, tumbuh 6,94%, sementara Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 25,95 triliun, naik 5,64%.


Gusti menekankan bahwa kinerja Bank Nagari tercermin dalam rasio keuangan utamanya, seperti rasio NPL yang meningkat menjadi 1,98%, CAR yang mencapai 21,68%, ROA sebesar 2,21%, dan ROE sebesar 15,47%. Selain itu, layanan berbasis digital seperti Nagari Mobile Banking, Nagari Cash Management, dan Nagari Portal Payment semakin diminati oleh nasabah.


Pada tahun 2023, Bank Nagari meluncurkan layanan Terminal Perbankan Elektronik (TPE) dan mengembangkan Mobile Banking dengan konsep Super Apps yang diberi nama Ollin by Nagari. Meskipun belum dilakukan grand launching, Ollin by Nagari sudah mencapai 62.000 pengguna selama periode soft launching.



Aset Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari juga mengalami pertumbuhan luar biasa, mencapai Rp 4,42 triliun atau tumbuh 34,59% year on year (yoy), dengan market share aset terhadap perbankan syariah di Sumbar sebesar 38,98%.


Gusti menyatakan bahwa pertumbuhan dan kinerja UUS yang luar biasa menunjukkan komitmen dan sinergi dari seluruh manajemen dan pegawai untuk memajukan kedua entitas bisnis ini.


Untuk tahun 2024, Bank Nagari merencanakan pertumbuhan bisnis dengan proyeksi peningkatan aset, DPK, kredit/pembiayaan, dan laba bersih. Hal ini diwujudkan melalui kebijakan dan strategi yang fokus pada penguatan dan implementasi nilai-nilai budaya kerja "IM STAR," untuk menciptakan SDM yang inovatif, bermutu, sinergi, tangguh, amanah, dan religius demi transformasi bisnis yang berkelanjutan.

Post a Comment

Previous Post Next Post