Upacara Peringan Ke-57 Hari Bela Negara di Denma Mabesal

.

Jakarta, nusantaranews.net ---- Dalam rangka untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air, tepat di tanggal 19 Desember 2023 TNI Angkatan Laut (TNI AL) menyelenggarakan upacara untuk memperingati Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 dengan dilaksanakan upacara militer yang dipimpin oleh Pati Sahli Kasal Bidang Wilnas Brigjen TNI (Mar) Mauradi di Lapangan Apel Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (19/12).


Perlu diketahui bahwa Hari Bela Negara (HBN) merupakan hari bersejarah bagi Indonesia dalam rangka memperingati Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Sumatera Barat, yang selanjutnya ditetapkan oleh Presiden RI dalam Keputusan Presiden Nomor 28 tahun 2006. Selanjutnya, dalam Peraturan Presiden Nomor 115 Tahun 2023 tentang Kebijakan Pembinaan Kesadaran Bela Negara, peringatan Hari Bela Negara merupakan salah satu program Rencana Aksi Nasional Bela Negara (RANBN) yang harus dilaksanakan oleh seluruh Kementerian/Lembaga, Pemda, TNI dan Polri setiap tahun sebagai bagian dari rencana induk pembinaan kesadaran bela negara kurun waktu 2020 – 2045.


Bela Negara adalah sebuah tekad, sikap, perilaku dan tindakan warga negara, baik perseorangan maupun kolektif, untuk menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang - Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD RI Tahun 1945) dari ancaman.


Upaya Bela Negara adalah kewajiban dasar manusia sekaligus kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam UUD RI Tahun 1945.


Dalam amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada peringatan Hari Bela Negara Ke-75 dengan mengusung tema “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju” yang dibacakan Brigjen TNI (Mar) Maurudi ini disampaikan bahwa Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-cita.


Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara,” jelas Presiden RI dalam amanatnya.


Dalam berbagai kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali Kasal mengajak kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AL untuk terus meningkatkan profesionalisme demi mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.

 “Kita harus terus menjaga soliditas dan sinergitas tidak hanya di lingkungan TNI – POLRI, tetapi juga dengan instansi dan lembaga pemerintahan, serta elemen masyarakat lainnya”, pesan Kasal. (Dispenal)



Post a Comment

Previous Post Next Post