Berikut Upaya Kecamatan Lubuk Begalung Atasi Anjal di Lampu Merah


Keberadaan lampu merah yang menjadi tempat berkumpul anak jalanan, sering menjadi masalah sosial bagi pemerintah dan masyarakat. Selain membahayakan diri mereka, juga akan mengganggu pengguna jalan lainnya dalam berlalu lintas.


Untuk itu, berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kota Padang melalui dinas terkait terus menekan bagaimana mengatasi masalah anak jalanan di lampu merah.


Sebagai acuan, berikut langkah-langkah konkrit Kecamatan Lubug Begalung Kota Padang dalam  upaya meminimalisir keberadaan anjal di lampu merah.


Diantaranya, melakukan identifikasi lokasi-lokasi spesifik keberadaan titik tumpul mereka. Kemudian melakukan kolaborasi dengan pihak terkait seperti lembaga sosial, organisasi nirlaba, polisi, sekolah, dan komunitas setempat untuk bekerja sama mengatasi masalah ini.


Ini disampaikan Camat Lubuk Begalung Anhal Mulya Perkasa didamping Kasi Trantib Luxian kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (6/12). 


Setelah itu mereka membentuk forum atau kelompok kerja bersama untuk berbagi informasi dan sumber daya dengan membuat program pendidikan dan pelatihan keterampilan di kecamatan, khususnya untuk anak-anak yang berisiko tinggi terjerumus ke jalanan.


Karena dengan dukungan akses pendidikan formal dan non-formal sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kecakapan mereka di tengah masyarakat.


Begitu juga implementasikan program penguatan keluarga yang dapat membantu orang tua atau wali untuk memberikan dukungan dan perhatian yang lebih baik kepada anak-anak mereka.


Lakukan kampanye penyuluhan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang akar penyebab anak jalanan dan pentingnya melibatkan komunitas dalam menangani masalah ini, bagaimana mengedukasikan masyarakat tentang hak-hak anak dan perlindungan mereka.


Yang tidak kalah penting, yaitu melakukan pemantauan dan evaluasi secara teratur terhadap efektivitas program-program yang diimplementasikan, yang juga melibatkan dan dukungan media untuk memberitakan upaya pemerintah kecamatan dalam mengatasi masalah anak jalanan.


Gunakan media sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran dan mendapatkan dukungan masyarakat.


Dan kita berharap, upaya untuk menciptakan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat akan dapat mencapai solusi yang efektif, harap Anhal mengakhiri.

Post a Comment

Previous Post Next Post