Tim Bahasa Arab MTsN 1 Pati Juara II Nasional Event Gusi Bersi 2.0

.

Pati, nusantaranews.net - Tim Bahasa Arab MTsN 1 Pati meraih juara II nasional ajang Gusi Bersi 2.0 (Guru dan Siswa Berprestasi) kategori Arabic MTs. Pemenang diumumkan pada Selasa, 16 Mei 2023.


Tim Bahasa Arab MTsN 1 Pati ini terdiri atas guru Bahasa Arab, Lailatun Ni’mah, dan muridnya, Abdurrahman Ahmad Al Fatah. Lomba ini digelar secara online oleh Alef Education dan diikuti 1.240 peserta dari seluruh Indonesia.


Pada babak final, Tim Bahasa Arab MtsN 1 Pati bersaing dengan lima tim lainnya, yaitu MTs Miftahul Huda (Kab. Malang, Jawa Timur), MTs Tarbiyatut Tholabah (Kab. Lamongan, Jawa Timur), MTs Sirnamiskin (Bandung, Jawa Barat), MTs Raudlatul Ulum (Kab. Pati, Jawa Tengah), dan MTsN 3 Demak (Kab. Demak, Jawa Tengah). “Alhamdulillah, terima kasih Allah, selalu menyayangi dan memberi kita Rahmat Juara 2,” ucap Lailatun Ni’mah di Pati, Rabu (17/5/2023).


Laila mengungkapkan bahwa persyaratan mengikuti Gusi Bersi 2.0 sangat berat. Namun, hal itu menjadi tantangan yang harus ditaklukkan. “Prasyaratnya masya Allah menurut saya berat, tapi justru menjadi tantangan bagi saya untuk membuktikan bahwa kami dan para siswa yakin bisa selama kemauan kami kuat,” ungkapnya.


Perjalanan Tim Bahasa Arab MTsN 1 Pati ini bermula dari November 2022. Saat itu, mereka membuat akun Alef untuk mengukuti lomba. Mulai Desember 2022, keduanya mulai mengikuti serangkaian prasyarat lomba Gusi Bersi 2.0.


“Jadi sebelum melakukan pendaftaran, syaratnya siswa harus menyelesaikan 30 kartu pelajaran di Platform Alef. Alhamdulillah, siswa kami sangat antusias karena dari aplikasi tersebut siswa bisa belajar sambil bermain sesuai dengan karakteristik peserta didik. Sedangkan, persyaratan untuk gurunya juga harus mengikuti 3 topik webinar series,” tuturnya.


Setelah berhasil menyelesaikan tahap awal, Abdurahman Ahmad Al Fatah dinyatakan eligibel untuk maju babak penyisihan pertama dan harus bersaing dengan 1.144 peserta. Di babak penyisihan kedua, Laila bersama Fatah melaju sebagai tim Gusi Bersi 2.0 melawan 159 tim. Wakil MTsN 1 Pati ini berhasil maju babak semi final. Selanjutnya, di semi final, Laila dan Fatah berhasil menjadi 6 besar di antara 40 tim lainnya hingga berhak memperebutkan gelar juara di babak final.


“Terima kasih kepada Bapak Ali Musyafak selaku Kepala MTsN 1 Pati, Bapak Ibu guru, tenaga pendidikan, dan seluruh siswa yang selalu istiqomah mendoakan perjuangan kami,” tandasnya.


Ungkapan syukur senada disampaikan Fatah. Dia pun tiada henti mengucap Hamdalah. “Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan senang setelah memperoleh juara II nasional. Jujur, saya tak pernah menyangka bisa mendapat juara II karena dalam kompetisi ini hambatannya banyak, saingannya banyak, materinya tidak hanya kebahasaaraban saja, tetapi terintegrasi dengan materi PAI, wawasan kebangsaan, dan materi seputar aplikasi Alef yang semuanya memakai bahasa Arab. Meskipun demikian, lomba ini sangat menarik karena teknisnya harus bekerja sama antara guru dan siswanya,” jelasnya.


Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati mengapresiasi perjuangan dan kerja keras Tim Bahasa Arab yang berhasil menjadi juara II nasional. “Luar biasa sampai di titik ini, itu sebuah perjuangan tenanan. Syukron,” pungkasnya. 


Post a Comment

Previous Post Next Post