SMA N 10 Padang Gelar Hasil Kurikulum Merdeka


SMA N 10 Padang melaksanakan kegiatan,  Panen Karya hasil kurikulum merdeka yang mulai pada tahun 2023. 

Hadir dalam kesempatan itu, Gubenur Sumatra Barat Mahyeldi Ansyarullah, Kepala dinas Propinsi  Barliyus, Kapolsek, Danramil yang mewakili, Komite dan Kepala Sekolah.

Dalam sambutannya M.Isya  selaku kepala sekolah mengatakàn bahwa, kegiatan ini adalah  kegiatan sekolah  yang di mulai pada tahun 2023 ini  merupakan pembelajaran projek  untuk kelas 10 ;

1. Gaya hidup berkelanjutan. Disini  siswa siwi belajar mengembangkan budidaya anggrek. mulai dari pembibitan, sampai  siap jual, bernilai        ekonomis.

2. Berteknologi dan berkarya, pemilihan sampah, yang olah  menjadi barang daur ulang (barang berguna) bisa dijadikan produk - produk  yang bisa di juaĺ. Semuanya  di kelola oleh guru mapel yang bekolaborasi 

3   Batagak gala penghulu, projek lokal karena batagak gala sudah mulai hilang di daerah kita. 


Sebagai masyarakat Sumbar adalah  masyarakat  di dasari oleh adat istiadat, salah satunya batagak gala.

Dan disini siswa harus tahu bagaimana  cara - cara batagak gala penghulu. bagaimana prosesi pengangkatan sebagai penghulu. Mulai dari pemilihan  dari satu suku di daerah -        daerah. Maka dipilihlah nanti salah seorang yang menjadi      penghulu. Dan untuk batagak gala ini narasumbernya dari kuranji dan adat yang di pilih adalah adat nagalo. 

M.Isaya merasa bersyukur dan bangga atas terlaksananya kegiatan ini sekaligus  untuk menbantu masyarakat, sehingga anak atau siswa bisa memahaminya untuk batagak gala. 

Kepala dinas pendidikan propinsi Sumatara Barat, Barlius menyampaikan, dalam kegiatan kurikulum merdeka, kegiatan - kegiatan yang sifatnya positif batagak gala yang di laksanakan oleh SMA N10 ini yang di ikuti oleh siswa dan antisipasi orang tua.ini untuk.membangun karakter siswa kedepan lebih baik.kegiatan ini juga di laksanakan di sekolah  -  sekòlah lain. 

Gubenur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah .S.P.Dt Marajo.menyampaikan,  bahwa kegiatan  korikulum merdeka itu di laksanakan di setiap sekolah,  dengan kegiatan ini, siswà  ikat dengan seni bidaya ďan ke arifan  siswa..kegiatan ini akan berkelanjutan dengan kegiatan - kegiatan lainya .untuk itu dinas pendidikan dan ke budayaàn  bersinergi dengan pariwisata .sekarang adanya UUD  no 17 tahun 2022. Adanya pengakuan  pusat kepada masyarakat indonesia akan ada ke arifan lokal. ADAT BASANDI SARAK .SARAK BASANDI KITABULLAH.adat salingka Nagari .ini lah inti dari adat Minangkabau.(Che-che)

Post a Comment

Previous Post Next Post