Ketua PWI Sumbar, Kukuhkan Kepengurusan PWI Kabupaten Sijunjung

Foto bersama ketua PWI Sumbar Basril Basyar bersama Jajaran Forkopinda Usai Acara pengukuhan Kepenguruaan PWI Kab. Sijunjung Periode 2023 - 2026 

Nusantaranews.net - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat, Basril Basyar (BB) mengukuhkan kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sijunjung periode masa bakti 2023-2026.

Pengukuhan itu berdasarkan Surat Keputusan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Barat No:17.01/SK/PWI-SB/V/2023.

Kegiatan tersebut disaksikan Bupati Benny Dwifa Yuswir dan Ketua TP-PKK Ny. Riri Benny Dwifa, Unsur Forkopimda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat se-Kabupaten Sijunjung di Gedung Pancasila Muaro, Selasa (23/5/2023).

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sijunjung yang dikukuhkan tersebut adalah Mashariyanto, Sekretaris, Yudalius dan Bendahara, Dalmali serta para seksi-seksi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat, Basril Basyar berpesan agar selalu berkomitmen mengawal dan mengontrol kebijakan pemerintah sesuai kode etik jurnalistik.

Dan BB juga mengingatkan, di era seperti sekarang ini semua orang bisa menjadi wartawan, maka dari pada itu jadilah wartawan yang professional, karena banyak oknum wartawan yang mengaku-ngaku senior.

“Di dalam Undang-undang pers itu diatur siapa wartawan dan mana wartawan. Dewan Pers dikasih kewenangan memberi peraturan yaitu perusahaan pers harus mempunyai legalitas dan wartawan harus ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” pesannya.

Sementara itu, Bupati Benny Dwifa mengucapkan selamat atas dikukuhkan kepengurusan PWI Kabupaten Sijunjung periode 2023-2026.

“Selamat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah yang telah diberikan,” ucapnya.

Ia mengajak seluruh insan pers di Kabupaten Sijunjung memupuk kesadaran dan komitmen wartawan Indonesia untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya pembangunan di Ranah Lansek Manih.

“Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) adalah salah satu sarana penyampaian informasi, baik pemerintah ke masyarakat, maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini,” jelasnya.

Benny mengakui pers sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pemberitaan pembangunan. “Saya berharap pers dapat bersinergi dengan pemerintah, sehingga dapat mempublikasi dan memberi masukan demi sijunjung lebih baik kedepannya,” tutur Bupati.

Selain itu, Bupati Benny berharap kepada seluruh masyarakat untuk tidak sebar hoax apapun itu beritanya, dan mengharapkan kepada seluruh insan media pers untuk bekerjasama dengan memberitakan berita yang sesuai fakta dan bisa sebagai penetralisir adanya berita hoax.

“Mudah-mudahan melalui PWI para insan pers dapat melaksanakan uji kompetensi wartawan, sehingga dapat meningkatkan kualitas wartawan dan profesional dalam penulisan,” harapnya. (diko)

Dilansir dari goasianews.com

Post a Comment

Previous Post Next Post