Gawat ! Pelantikan Wawako Padang Langgar UU KIP


Padang - Pelantikan Wakil Wali Kota (Wawako) Padang terpilih, Ekos Albar diwarnai aksi pelarangan masuk oleh protokoler Gubernuran Sumbar, Selasa (9/5/2023) .

Pantauan wartawan, petugas dari Satpol PP Provinsi Sumbar dan Protokoler Pemprov Sumbar meminta awak media untuk tidak meliput pelantikan tersebut.


Kami mohon untuk berada di luar, hanya petugas Makopim dan Protokoler saja yang berada di dalam, nanti rilisnya dikirimkan,” kata salah seorang petugas perempuan kepada awak media.


Ekos Albar resmi akan dilantik menjadi Wakil Wali Kota (Wawako) Padang di Auditorium Gubernuran Sumbar, Selasa (9/5/2023) siang.


Sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemprov Sumbar, Pemko Padang serta para politisi dan unsur Forkopimda terlihat hadir.


Seperti Wali Kota Padang, Hendri Septa, Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Anggota DPR RI, Muhammad Asli Chaidir, Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy dan sejumlah pejabat publik yang berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN).


Pelantikan Ekos Albar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan usai surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) keluar.


“Hari ini Wawako Padang terpilih dilantik di Auditorium Gubernuran Sumbar,” kata Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo.


Doni mengatakan, Ekos Albar telah menjalani serangkaian gladi resik pelantikan sejak Senin (8/5/2023) siang.


“Ekos Albar sudah gladi resik, maka hari ini dilakukan pelantikan,” katanya.


Selain itu, kata Doni, Ekos juga didampingi oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa sebagai tamu undangan.


Pihaknya juga mengundang unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Padang dan Sumbar.


“Partai pengusung dan pendukung keduanya juga kami undang, baik dari PAN atau PKS, serta pendukung lainnya, tentu kami undang, karena bagaimanapun Wali Kota Padang diusung oleh kedua partai itu,” katanya.


Sementara itu, Wawako Padang terpilih, Ekos Albar mengaku membawa keluarga besarnya dalam prosesi pelantikan tersebut.


“Keluarga saya ikut hadir dalam pelantikan itu, termasuk ibunda tercinta beserta anak dan istri,” katanya.


Selain itu, Ekos mengaku telah menempati rumah dinas Wawako Padang yang berada di Jalan Ahmad Yani atau sebelah restoran cepat saji McDonald’s.


“Rumah dinas wawako itu telah resmi saya tempati,” tuturnya. 

Post a Comment

Previous Post Next Post