Pentingnya Menuntut Ilmu Agama

Oleh: Azizah Nur Fadhilah

Aktivis Dakwah di Depok

 

Ilmu adalah petunjuk, arah atau kunci bagi kita yang bodoh agar dapat memahami segala kebaikan serta pengetahuan. Ilmu menjadi sarana bagi manusia agar bisa menjalankan hidup sesuai dengan perintah Allah SWT. Karena tidaklah sempurna keimanan dan amal kita jika tidak diberengi dengan ilmu. Dengan ilmu kita bisa mengenal Tuhan yang patut kita sembah yakni Allah SWT.

Dengan ilmu juga kita dapat memahami arti kehidupan, apalagi ketika kita mempelajari ilmu agama (Islam). Sungguh banyak sekali orang yang menyepelekan ilmu agama, padahal ilmu agama adalah salah satu jalan menempuh Surga dan ridha Allah dan merupakan suatu kewajiban bagi setiap Muslim, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits yang artinya, “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim (HR Ibnu Majah no.223).

Sudah jelas kan, hadits di atas menerangkan menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim, berarti ketika kita menyepelekan atau enggak mau menuntut ilmu apalagi ilmu agama, kita bisa berdosa karena meninggalkan kewajiban tersebut. Astaghfirullah.... Semoga kita terhindar dari kelalaian dalam menuntut ilmu.

Nah, makanya sebagai kaum Muslim harus semangat ketika mempelajari ilmu agama dan jangan lupa selain mempelajarinya kita juga harus mengamalkan dan mendakwahkan ilmu agama (Islam) agar mendapatkan pahala dan keberkahan di setiap hidup kita. Apalagi kita kan tidak tahu akan diberi usia sampai berapa tahun. Makanya yuk kita move on menjadi pribadi yang cerdas, taat dan berguna dengan menuntut ilmu agama.

Nah, biar mantap dalam menuntut ilmu agamanya, maka niatkan diri menuntut ilmu semata karena Allah SWT, bersungguh-sungguh, tak mudah menyerah. Yang pasti tetap semangat menuntut ilmu agama dalam setiap kesempatan selagi kita masih bernafas. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.[]


Post a Comment

Previous Post Next Post