Tahun 2023 Akankah Lebih Baik ?


By Neni Yuliana
Pegiat literasi dakwah

Sepanjang tahun 2022 banyak sekali persoalan yg dihadapi, persoalan datang silih berganti seperti kasus narkoba, kejahatan, korupsi, kenaikan harga BBM, kenaikan bahan pokok,  makanan, hingga banjir dan gempa bumi.

Selama tahun 2022 ada hampir 40rb kasus narkoba total barang bukti yang diamankan selama thn 2022 adalah senilai Rp.11 triliun. BNN telah memusnahkan 152,8 ton ganja basah dilahan tanaman narkotika jenis ganja seluas 63,9 hektare. Bahkan tindak kejahatan atau tindak pidana selama kurun waktu 2022 mengalami kenaikan 7,3 persen di banding pada tahun 2021.

Kejaksaan agung mengklaim perkara tindak pidana korupsi sepanjang 2022, memecahkan rekor angka kerugian negara dan kerugian perekonomian negara mencapai Rp 142 triliun.
Bahkan hingga akhir tahun 2022 banyak permasalahan yang terjadi di Indonesia, yang belum terselesaikan dengan tuntas. Berbagai persoalan yang terjadi sungguh sangat menyedihkan, terlebih terkait dengan kondisi generasi muda yang rusak. 

Nampaknya harapan di tahun 2023 Indonesia akan bangkit jauh api dari panggang, sebab perubahan tidak akan bisa terjadi kalau ternyata mentalitas para pemimpin negeri ini hanya mementingkan urusan kelompok dan dirinya.  Tahun 2023 bisa dikatakan sebagai tahun permulaan untuk memantapkan startegi politik di tahun 2024, sehingga kita patut “curiga” jangan-jangan opini yang beredar atau pernyataan-pernyataan yang dilontarkan oleh para penguasa negeri ini hanya sebatas pemanis muka saja untuk menuju kampiun di tahun 2024 nanti.

Oleh karena itu kita harus memikirkan cara lain untuk menyelamatkan negeri ini, sebagai umat Islam tentu tak hanya sebatas mengandalkan doa saja untuk mengubah bangsa ini, melainkan harus mengambil andil di dalam menyelamatkan negeri ini dari keterpurukan yang yang terjadi.  Sehingga aktivitas dakwah merupakan aktivitas yang relevan yang bisa dilakukan, terutama dakwah di dalam melanjutkan kehidupan Islam.  Sebab, permasalahan yang terjadi di negeri ini adalah telah diterapkannya sistem sekulerr yang lahir dari ideologi kapitalisme, dimana hawa nafsu manusia sebagai standar di dalam penentuan segala kebijakan untuk mengatur kehidupan bernegara.

Oleh karena itu Islamlah satu-satunya jalan terbaik untuk mengubah negeri ini menjadi negeri yang pernuh barakah dan di ridhoi oleh Allah SWT. 

Semua permasalahan dapat terselesaikan, sebab berasal dari Allah SWT pencipta sekaligus pengatur.  Setiap individu akan terkondisikan untuk selalu taat kepada-Nya yang pada akhirnya semu kejahatan akan bisa terkendali bahkan nyaris mustahil akan terjadi

Wallahu alam bishawab

Post a Comment

Previous Post Next Post