Sarasehan Pelajar MA Salafiyah Kajen Diisi Wawasan Kebangsaan

.


Pati, nusantaranews.net - Sarasehan bersama Koramil 0718-06/Margoyoso yang di isi oleh Peltu Syaiful ulum sebagai Bati Komsos Koramil 06/Margoyoso dengan mengangkat Tema Kenakalan remaja menjadi sekat dalam mewujudkan insan berwawasan kebangsaan dan berwawasan keagamaan. Senin (30/1/2023).


Dalam pemberian materinya Peltu syaiful ulum menyampaikan bahwa Wawasan kebangsaan merupakan hal penting dalam kehidupan. Lebih detail mengenai wawasan kebangsaan pada hakikatnya adalah kesamaan persepsi dari segenap komponen bangsa Indonesia sebagai dasar untuk terbangunnya rasa dan semangat nasionalisme yang tinggi dalam semua aspek kehidupan nasional.


Wawasan kebangsaan sendiri akan menjadi daya dorong untuk berbuat, mempersembahkan dan mendarmabaktikan karya terbaik bagi bangsa dan negara. Lebih dari itu, hakikat wawasan kebangsaan menghendaki dimilikinya sikap untuk segera mengakhiri kesetiaan terhadap kelompok (partai, golongan, suku bangsa) atau perseorangan, begitu kesetiaan terhadap bangsa dan negara diperlukan.


Sesungguhnya wawasan kebangsaan secara jelas dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional baik ke dalam maupun keluar. Hal ini berarti bahwa wawasan kebangsaan memberikan gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa, sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan negara di masa depan. 

"Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi rakyat Indonesia termasuk remaja di dalamnya, pada umumnya remaja memiliki rasa ingin tahu tinggi (high curiosity). Remaja cenderung ingin berpetualangan menjelajah segala sesuatu dan mencoba segala sesuatu yang belum pernah dialaminya. Apalagi dengan adanya globalisasi yang mempermudah masuknya pengaruh budaya asing yang akhirnya dapat memudarkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda," ungkap Syaiful.


Ada beberapa faktor penghambat wawasan kebangsaan pada kalangan generasi muda, selain dapat menghambat dan memudarkan semangat nasionalisme dan patriotisme karena kurangnya wawasan kebangsaan para remaja atau generasi muda, banyak permasalahan-permasalahan yang dihadapi para remaja sekarang ini, seperti radikalisme, kenakalan remaja, seks bebas, dan penyalahgunaan narkoba. Peran wawasan Keagamaan sangat penting dalam membentengi diri menghadapi beberapa hambatan-hambatan untuk menjadikan generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan berwawasan keagamaan.  (ipl)



Post a Comment

Previous Post Next Post