Pemkab Sarolangun Gelar Rakor TKPKD Tahun 2022



NUSANTARANEWS.NET,SAROLANGUN - Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sarolangun melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) 2022, Selasa (8/11/2022) di Aula Kantor Bappeda.

Hadir dan membuka secara langsung Rakor TKPK tersebut PJ Bupati Sarolangun Hendrizal,S PT.,MM. Turut hadir Sekda Ir.Endang Abdul Naser, Kepala Bappeda H.Muhammad dan para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Kepala Bappeda H.Muhammad dalam laporannya mengatakan, Rakor ini guna mengevaluasi program penanggulangan kemiskinan tahun berjalan dan strategi tahun mendatang. Dimana untuk data kemiskinan di Kabupaten Sarolangun pada tahun 2021 sekitar 8.87 persen, sedangkan untuk data tahun 2022 belum keluar.

Dalam kesempatan tersebut H.Muhammad juga meminta dan berharap kepada semua pihak mempunyai komitmen penyeragaman data untuk semua data, sehingga mendapatkan solusi dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan khusus di Kabupaten Sarolangun.

" Kita berharap semua steakholder membangun sebuah sistem yang menjadi sebuah program, dapat mengidentifikasi penyebab kemiskinan sehingga bisa dirumuskan formula yang efektif dan bisa mengukur sampai sejauh mana efektifitas dari program, sehingga bisa menanggulangi kemiskinan," kata H.Muhammad.

Untuk permasalahan yang saat ini di nilai sangat penting dalam menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Sarolangun, diantaranya, akurasi data yang belum sinkron,belum bisanya daerah terlupa,terpencil dan terpelosok untuk swasembada kebutuhan pokok.

" Selain itu permasalah lain yang dihadapi dalam menanggulangi kemiskinan belum terintegrasinya program penanggulangan kemiskinan, masih rendahnya kesadaran masyarakat, infrastruktur dan masih banyak daerah blankspot," jelas H.Muhammad.

Sementara itu Pj Bupati Sarolangun Henrizal,S.Pt,MM dalam sambutannya mengatakan bahwa penanggulangan kemiskinan adalah kebijakan dan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang dilakukan secara sistematis, terencana dan bersinergi dengan seluruh stakeholder untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

" untuk itu, kepada saudara-saudara perangkat Daerah untuk dapat bekerjasama serta saling bahu membahu agar target tersebut dapat tercapai,untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan khususnya di Kabupaten Sarolangun," katanya.

PJ Bupati Henrizal juga menghimbau kepada seluruh perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Sarolangun agar mengoptimalkan pelaksanaan koordinasi penanggulangan kemiskinan melalui rapat-rapat tim koordinasi penanggulangan kemiskinan Daerah (TKPKD).

" Saya meminta agar agar memperhatikan kondisi masyarakat di wilayah dengan melakukan fungsi kontrol dan pengendalian setiap program yang di buat oleh perangkat Daerah agar ketepatan sasaran dengan sinkronasi data antara sesama OPD," ujarnya.

Terakhir Henrizal berharap apa yang dihasilkan dari pelaksanaan Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) ini baik berupa saran, rekomendasi, serta tindak lanjut yang dibutuhkan dapat bermanfaat bagi kita semua dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Daerah kita.

" Semoga dengan Rakor ini kita mendapatkan solusi dalam menanggulangi kemiskinan di kabupaten kita," tutup Henrizal. (SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post